BISNIS

TNI dan Polisi Naik Gaji, Dirapel Enam Bulan

Total anggaran yang disampaikan Rp5,3 triliun untuk remunerasi dan reformasi birokrasi.

ddd
Kamis, 16 Desember 2010, 06:45 Antique, Suryanta Bakti Susila
Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL
Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL (Antara/ M Risyal Hidayat)

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui remunerasi atau tunjangan kerja dan reformasi birokrasi di enam instansi pemerintah. Keenam instansi tersebut adalah TNI, Polri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Politik Hukum dan Keamanan, serta Kementerian Pertahanan.

Seperti ditulis VIVAnews 14 Desember 2010, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan proposal remunerasi bagi enam lembaga sudah disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo pada 14 Desember 2010. Total anggaran yang disampaikan sebesar Rp5,3 triliun untuk remunerasi dan reformasi birokrasi.

Remunerasi adalah tunjangan yang akan diberikan kepada pegawai atau karyawan atas perbaikan kinerja. Buntutnya, penghasilan atau gaji yang akan diterima oleh pegawai akan meningkat. "Anggaran untuk TNI Rp3,3 triliun dan Polisi Rp1,9 triliun," kata Priyo.

Remunerasi tersebut, kata dia, diberikan sebagai penghargaan atas prajurit TNI dan polisi di lapangan. "Mereka akan menerima rapelan untuk 6 bulan terhitung sejak 1 Juli 2010."

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan sedang merampungkan penyelesaian tunjangan kinerja atau remunerasi bagi seluruh anggota TNI dan PNS di lingkungan Kementerian Pertahanan. Namun, yang menjadi prioritas tahap pertama adalah kenaikan tunjangan operasi pengamanan bagi prajurit TNI dan PNS yang bertugas di pulau kecil terluar.

Perinciannya, kenaikan 150 persen dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau pulau terkecil, terluar dan tanpa penduduk. Kenaikan 100 persen bagi yang bertugas dan tinggal di pulau terkecil dan terluar namun berpenduduk. Kenaikan 75 persen bagi prajurit yang bertugas untuk wilayah perbatasan. Terakhir, kenaikan 50 persen bagi yang bertugas sesaat di wilayah udara dan laut perbatasan dan pulau kecil terluar.

Sebanyak 12 pulau yang ditetapkan itu yakni: Pulau Rondo (Aceh), Pulau Berhala (Sumut), Pulau Nipah (Kepri), Pulau Dana Rote (NTT), Pulau Fani (Papua Barat), Pulau Fanildo (Maluku Utara), Pulau Sekatung (Kepri), Pulau Miangas (Sulut), Pulau Marore (Sulteng), Pulau Marampit (Sulut), Pulau Batek (NTT), dan Pulau Bras (Papua).

Sesungguhnya, anggaran remunerasi bagi sejumlah lembaga pemerintah sudah masuk APBN 2010. Bahkan, sudah dibahas bersama DPR sejak tahun lalu ketika Menteri Keuangan masih dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Ini menyusul lima lembaga yang sudah mendapatkan remunerasi pada 2009.

Bahkan, dalam program tersebut ada sepuluh lembaga yang masuk prioritas kenaikan gaji pada 2010. Tiga lembaga pada tahap pertama, yakni Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Kementerian Koordinator Perekonomian. Tahap berikutnya adalah tujuh lembaga. Namun, seperti disampaikan oleh Priyo Budi Santoso, yang disetujui adalah enam lembaga, termasuk TNI dan Kepolisian.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Bendol
07/01/2011
Terus remunerasi bagi PNS daerah yang memperjuangkan produktivitas dan kesejahteraan rakyat kapan ya....?
Balas   • Laporkan
polisi_kecil
05/01/2011
hahahahahaha.......mimpi kaliii...nnti thn 3000 baru remunirasi tuhhh...wkwkwkwkwk.......
Balas   • Laporkan
shinta
04/01/2011
alhamdulillah jika jadi turun, bisa membuat keluarga TNI agak adem, tapi kapan??? apakah remunerasi sbagi awal peningkatan kesejahteraan bagi TNI??
Balas   • Laporkan
kartika
04/01/2011
smg itu terlaksana,dan slamat buat TNI n POLRI tapi,,,,,,,,ingat klau gaji dah naik tdk usah cari duit panas lg kasihan anak kt klau d jejali dg itu trusss!!!sMANGAT
Balas   • Laporkan
BUMIE
04/01/2011
semoga pemerintah lebih memerhatikan kesejahteraan prajurit khususnya prajurit yang dinas di satuan tempur,,,,, trmikasi pemerintah telah memberikan tunjangan,,,,
Balas   • Laporkan
ani
03/01/2011
please deh mana janjinya ktnya dibayarkan tgl 1 januari 2011 lah tanggal segini aja gajian tetap gak ada kenaikan. TNI mah dikasih janji doang buktiin dong
Balas   • Laporkan
Neni Yusnaini
03/01/2011
Semoga kehidupan TNI dn POLRI di masa depan akan seimbang dengan PNS yg lain. Bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga....jadi bkn cuma buat beli garam dn micin doank.....
Balas   • Laporkan
LANGIT
02/01/2011
ALHAMDULLILLAH....KALO TURUN........... KALO NDAK TURUN YA ............ALHAMDULLILLAH.......
Balas   • Laporkan
siti hodijah
01/01/2011
selamat yaa......tapi kira2 kpn ya PNS tenaga kesehatan dpt remonerasi jg ko gda di dftar 6 lembaga.....(^_^) jhmmm...... semoga amiin
Balas   • Laporkan
Rini
30/12/2010
Dengan adanya Remunerasi semoga para TNi/POLRI menjadi lebih profesional, dan tidak menjadi mekelar2 penerimaan calon angg. TNI/POLRI yang merugikan masyarakat.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com