BISNIS

Ini Instansi Yang Tunggu Kenaikan Remunerasi

Di Kementerian Keuangan, pejabat eselon I bisa menerima penghasilan Rp40 juta sebulan.

ddd
Sabtu, 18 Desember 2010, 13:32 Nur Farida Ahniar
Pegawai Negeri Sipil
Pegawai Negeri Sipil (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews - Program reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah dijalankan secara bertahap. Baru-baru ini DPR menyetujui 6 lembaga yang mendapatkan peningkatan remunerasi. Sisanya, masih harus menunggu pembahasan tahun depan. Persetujuan DPR ini ditunggu oleh pegawai negeri sipil karena tentu berdampak pada peningkatan pendapatan mereka hingga berkali lipat.

Lembaga mana saja yang gaji pegawainya bakal dinaikkan?

Berdasarkan bahan yang disampaikan ke DPR, Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada 23 Juli 2010 telah mengusulkan perbaikan sistem penggajian di Kementerian Hukum dan HAM kepada Menteri Keuangan. Rancangan Peraturan Presiden untuk ini masih menunggu persetujuan Menkeu. Lembaga lainnya adalah Kejaksaan Agung yang juga masuk daftar program Reformasi Birokrasi tahun ini.

Total, ada 11 kementerian dan lembaga yang menjadi target program Reformasi Birokrasi pada 2010. Enam lembaga yang baru disetujui adalah  Kepolisian RI, TNI, Kementerian Pertahanan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Sedangkan lembaga yang terlebih dulu disetujui adalah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Di luar itu, masih ada 17 instansi lain yang juga menunggu masuk daftar. Mereka sudah mengajukan dokumen usulan untuk mengikuti program reformasi birokrasi, namun belum diproses lebih lanjut. Instansi-instansi tersebut adalah: Kementerian Perindustrian, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Kementerian ESDM, Badan POM, Badan Kepegawaian Negara, Lemabga Administrasi Negara, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Pertanian, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Perdagangan, Lemhanas, Arsip Nasional RI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kehutanan, dan Badan Pusat Statistik.

Bekerja di instansi yang mengikuti program reformasi birokrasi membuat pegawainya menikmati gaji yang menggiurkan. Seperti halnya yang ditelah ditunjukkan Kementerian Keuangan. Pejabat eselon I di instansi ini bisa menerima penghasilan Rp40 juta sebulan.

Begitu juga di Polri. Besaran tunjangan kinerja tertinggi untuk kepolisian adalah sebesar Rp21,3 juta per bulan. Itu belum termasuk gaji pokok dan tunjangan lainnya. Adapun tunjangan yang sama di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mencapai Rp19,3 juta. (kd)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
maman
21/08/2011
hebatnya kementerian keuangan, eselon I aj udah 40 jt, wah wah wah wah,
Balas   • Laporkan
raihan_jogja | 19/01/2012 | Laporkan
memang ada yang lebih tinggi dari eselon 1 pak? ^_^ peace!
KARJO
16/08/2011
KAPAN DAPAT REMON TENTARA YANG DI LEMHANNAS INI YA PAK JANGAN ORANG GEDEAN AJA YANG DAPAT UANG RAPAT SEHINGGA TIDAK MAU REMON
Balas   • Laporkan
Rusman
04/08/2011
kapan remunerasi DEPKES kami tiap hari ngurusin orang sakit libur hari raya saja tidak ada kami di pelayanan ingat juga kita dong atau karena pejabat kalu sakit keluar negeri ya
Balas   • Laporkan
gempil
05/01/2011
pemda mesti pol keri...
Balas   • Laporkan
angel
04/01/2011
depkes kpn dong? hikzz...hikz...
Balas   • Laporkan
ganyang
04/01/2011
KPU KAPAN YA DAPET REMUNERASINYA??? PINGIN AH KERJA DI KEMENKEU...
Balas   • Laporkan
elham
04/01/2011
kalian para guru harusnya banyak bersyukur karena sudah dapet sertifikasi..jangan serakah kalo jadi orang. aku aja pegawai yang menangani gaji sekabupaten ga dapet remunerasi aja adem ayem aja kok..yg penting bersyukur atas apa yg sudah didapat..
Balas   • Laporkan
RLL
04/01/2011
km yg di daerah kpn ya.....atw gak msk hitungan..padahal klau dilihat dr distribusi daerahlah yg byk membantu pusat.
Balas   • Laporkan
ahsan
29/12/2010
walau sdh remunerasi..kalau mentalnya maling ya tetep maling
Balas   • Laporkan
hendry strife
29/12/2010
Reformasi Birokrasi belgedes...perlu semua tahu...reformasi birokrasi di kantor menko malah bikin puyeng...penghasilan/take home berkurang..Sial Banget Yaa
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com