Di Melawai Harga Emas Masih di Atas Rp400.000

Emas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Penurunan harga emas dunia sejak Selasa, rupanya belum menggoyahkan harga di Jakarta. Hasil VIVAnews di pertokoan emas Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, harga emas masih membumbung tinggi.

Toko Emas Mutiara misalnya, masih menjual emas murni pada harga Rp425 ribu per gram. Menurut Andri, pemilik toko itu, harga ini bertahan sejak Desember lalu.

"Sebenarnya setiap hari kami mengecek pergerakan harga, jadi terus berubah," kata dia Kamis, 6 Januari 2010. Harga emas yang menjadi patokan, menurut Andri, adalah divisi Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Di divisi Logam Mulia, Kamis ini, harga emas masih Rp403 ribu per gram. Sedangkan di Perum Pegadaian, harga emas masih Rp406.933 (jual) dan Rp396.759 per gram (beli).

Hal yang sama juga ditemui di Toko Emas Kaliem. Siska pemilik toko itu mengatakan, harga emas saat ini masih tregolong tinggi. Hari ini dia menjual dengan harga Rp408 ribu per gram, turun dua ribu dari harga kemarin. "Sejak Lebaran harga emas masih berkisar di Rp400 ribuan," katanya.

Meski masih mahal, sejumlah konsumen masih terus memburu emas. Sitanggang, ibu berumur 45, mengaku tetap membeli emas untuk ditabung. "Kalau butuh uang kan bisa dijual," katanya.

Namun, Raharjo, harus menjual emas lantaran anaknya masuk sekolah. Ibu berusia 40 ini mengaku senang menabung melalui emas. "Biasanya saya beli 2-3 gram, saya kumpulkan. Nah saat sedang butuh seperti ini, saya jual."

Harga emas turun lagi pada Rabu kemarin, setelah pada Selasa lalu anjlok dramatis hingga 3,1 persen. Emas untuk pengiriman Februari turun US$5.10 menetap pada US$1.373,17 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Harga emas tertinggi pada US$1.385,20 dan terendah US$1.364 selama sesi perdagangan itu. Sedangkan menurut Indeks Kitco, harga spot emas anjlok US$8,20.

Penurunan harga emas masih dipicu menguatnya mata uang dolar AS atas sejumlah mata uang utama dunia. Indeks dolar AS naik 1,07 persen menjadi US$80,28 pada Rabu. Sedangkan nilai tukar euro atas dolar AS turun 1,12 persen menjadi US$1,31 per euro. (hs)

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024