BISNIS

20 Negara dengan PDB Terbesar di Dunia

Pada 2009, PDB Indonesia berada di urutan ke-18, mengalahkan Swiss dan Belgia. Pada 2010?

ddd
Selasa, 11 Januari 2011, 03:30 Nur Farida Ahniar
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia  

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membanggakan hasil pencapaian kinerja ekonomi selama 2010. Salah satunya, Yudhoyono bangga Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai US$700 miliar. 

Bahkan SBY mengklaim volume ekonomi Indonesia kini telah menempati peringkat ke 16 terbesar di dunia. Ini menunjukkan posisi Indonesia telah meningkat dibandingkan beberapa tahun lalu.

"Yang jelas, Indonesia masuk dalam G-20," ujar SBY. G-20 adalah kumpulan 20 negara dengan volume ekonomi terbesar di dunia. Dengan PDB makin meningkat, peran Indonesia juga semakin meningkat dalam hubungan internasional dan ikut mengatasi krisis ekonomi global.

Tak hanya PDB, Yudhoyono juga membanggakan pencapaian yang mencapai rekor seperti pendapatan per kapita yang mencapai US$3000 per tahun, cadangan devisa sebesar US$96,2 miliar per 31 Desember 2010, Indeks Harga Saham Gabungan mencatat rekor terbaik se-Asia Pasifik.

Lantas, bagaimana sesungguhnya PDB Indonesia jika dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya. Jika mengacu data 2010, seperti diklaim Presiden SBY, ranking Indonesia kemungkinan sudah naik ke level 16 dunia. Namun, jika mengacu pada data Bank Dunia 2009, Indonesia masih berada di level 18 dunia.

Meski begitu, PDB Indonesia sudah lebih tinggi ketimbang Swiss dan Belgia. Berikut urutan PDB tahun 2009:

PDB 20 Negara Terbesar di Dunia
NO Negara Jumlah (US$ Miliar)
1 Amerika Serikat 14.119
2 Jepang 5.069
3 China 4.985
4 Jerman 3.330
5 Prancis 2.649
6 Inggris 2,174
7 Italia 2.112
8 Brazil 1.573
9 Spanyol 1.460
10 Kanada 1.336
11 India 1.310
12 Rusia 1.231
13 Australia 924,8
14 Meksiko 874,8
15 Korea Selatan 832,5
16 Belanda 792,1
17 Turki 614,6
18 Indonesia 540,3
19 Swiss 491,9
20 Belgia 471,2

 Sumber: Bank Dunia



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
adidandara
12/01/2011
komentar negatif memang yg mengacu kenaikan. tp aku seorang yg nggak mau berbohong. Good Luck INDONESIAN, data selanjutnya Indonesia ditulis Ranking 15 OK!
Balas   • Laporkan
adidandara
12/01/2011
komentar negatif memang yg mengacu kenaikan. tp aku seorang yg nggak mau berbohong. Good Luck INDONESIAN, data selanjutnya Indonesia ditulis Ranking 15 OK!
Balas   • Laporkan
near
12/01/2011
wkwkwk, indonesia mah ga punya malu, PDB masuk peringkat 18 mah wajar, orang penduduk indonesia peringkat 4 dunia, tapi PDB per kapita aja masih 3000, tahun 1999 pdb per kapita indonesia 2857, ga ada peningkatan sama sekali, malaysia aja 6000 lebih
Balas   • Laporkan
bangga indonesia
11/01/2011
kalau dilihat indikator yang naik, jelas harus bangga. Kenaikan yang dicapai jelas hasil pemerintah sekarang. Heran juga ya dengan komentar yang negatif terus, ga usah di indonesia di amerika saja masih banyak gelandangan.. Ayo SBY jgn kecil hati maju trs
Balas   • Laporkan
d
11/01/2011
hahaha percaya percaya ko.. tapi gimana yah sama pendistribusian pendapatannya? yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin. ckckck
Balas   • Laporkan
mamam yuuu
11/01/2011
us$ 3ooo, jika di jadikan rupiah, kira-kira 60 juta setahun, kenyataanya UMR hanya Rp.1,2 juta dikalikan setahun kira-kira Rp.14,4 juta, dari mana nomboknya, belum yang nganggur, pemulung, tukang beca, tukang sayur,,,mimpi kali.........
Balas   • Laporkan
djanur_network
11/01/2011
Walah... malah ikut-ikutan lebay !!!! biasa wae... kalo sudah gak ada pengamen , gak ada gelandangan lagi.. gak ada tukang becak yang rela 25 tahun jauh dari keluarga rela tidur di jalan demi menyekolahkan anak.. bole deh bangga.. aneh..!!
Balas   • Laporkan
woyzer
11/01/2011
buat apa mimpi di atas kertas?? kenyataannya masyarakat masih hidup susah. apakah sby juga akan bangga dengan hutang indonesia???
Balas   • Laporkan
cougar
11/01/2011
walaupun PDB Swiss dan Belgia dibawah indonesia, tapi penduduk mereka sedikit jadi pendapatan domestik bersihnya lebih besar dari indonesia, SBY kan Doktor masa yang gitu aja ga ngerti?
Balas   • Laporkan
cougar
11/01/2011
PDB adalah pendapatan domestik kotor (brutto), bila dibagi jumlah penduduk indonesia tetep aja pendapatan bersih (netto) domestiknya kecil. yang gitu aja dibanggain, presiden yang aneh.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com