98 SPBU di Jabodetabek Belum Jual Pertamax

Karen Agustiawan, Dirut Pertamina
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - PT Pertamina menyatakan, dari 720 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), hanya 622 SPBU yang siap melaksanakan kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Sebanyak 98 SPBU lainnya, belum siap.

Menurut Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, sebanyak 622 SPBU telah siap menyalurkan Pertamax. "Sedangkan 51 SPBU membutuhkan  switching, dan 47 SPBU lainnya perlu investasi baru," katanya saat rapat dengar pendapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 7 Maret 2011.

Karen menambahkan, perlu investasi Rp120 miliar untuk menyambut implementasi pembatasan BBM. Investasi itu di antaranya untuk menyiapkan tangki Pertamax dan dispenser di SPBU. "Kira-kira Rp400 juta tiap SPBU," katanya.

Penambahan kelengkapan di SPBU yang belum memadai menjelang pembatasan BBM, menurut Karen, akan dilakukan secara bertahap.

Karen menyatakan, perlu adanya kepastian hukum agar Pertamina dan pengusaha dapat menyiapkan investasi terkait rencana pembatasan BBM bersubsidi itu. Selain itu, menurut Karen, perlu insentif serta tambahan modal kerja berbunga rendah bagi swasta.

"Yang paling penting sebelum kebijakan dilakukan harus ada perlindungan operator dan pengusaha, serta pengawasan terhadap penyalur dan distributor BBM tidak resmi," ujarnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Sebelumnya, pemerintah menunda pelaksanaan pembatasan BBM bersubsidi yang akan dilakukan April mendatang. Alasannya, adanya perkembangan harga minyak yang tinggi dapat meningkatkan inflasi dan persiapan uji coba di Jabodetabek yang belum matang. (art)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024