Proyek Tol Trans Jawa Rampung 2014

jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Pemerintah menargetkan proyek jalan tol Trans Jawa selesai pada 2014. Kendala untuk pengerjaan proyek hanya terkait pembebasan lahan.

Proyek tol Trans Jawa yang akan dibangun itu sepanjang 660 kilometer dengan dana sudah disiapkan dan disetujui dalam anggaran sebesar Rp125 triliun.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengatakan proyek Trans Jawa akan memiliki sembilan ruas yang masing-masing akan dikerjakan sejumlah investor. Para investor itu nantinya akan menyesuaikan proses konstruksi mencapai target merampungkan pembangunan jalan tol itu pada 2014.

"Permasalahannya hampir semua dapat dipecahkan, yang paling utama adalah  pembebasan lahan. Karena dari sembilan ruas itu ada beberapa ruas yang pembebasan lahannya baru 0,5 persen atau ada yang baru 1,5 persen," kata Agus Martowardojo di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 8 Maret 2011.

Menkeu mengungkapkan, Badan Layanan Umum-Badan Pengatur Jalan Tol
(BLU-BPJT) pada 2011 belum menganggarkan untuk tambahan dana bergulir (revolving) pembebasan lahan. Pada 2010, tambahan dana bergulir untuk pembebasan lahan mencapai Rp2,3 trilun, namun tahun ini belum ada.

"Jadi, disepakati untuk mengajukan dalam APBN-Perubahan, revolving fund bagi pembebasan lahan proyek tol Trans Jawa sebesar Rp3,85 triliun," ujarnya.

Agus menjelaskan, sebagian investor sudah memperoleh dukungan perbankan. Mereka sudah memperoleh perjanjian kredit perbankan, bahkan di antaranya sudah dicairkan. "Sementara itu, bagi investor yang belum financial closed, berarti belum memulai kontrak dan konstruksi. Mereka itu yang nanti akan diajak berbicara oleh BPJT," kata Agus.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024