Indonesia Kaji Naikkan Ekspor Gas ke Jepang

Menteri Keuangan Agus Marto Wardojo (kanan) memaparkan alokasi dana otonomi khusus saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin (6/12).
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengatakan pemerintah masih harus mengkaji lebih mendalam permintaan pemerintah Jepang agar Indonesia menambah pasokan ekpor minyak bumi dan gas. Saat ini, bantuan yang bisa diberikan Indonesia baru berupa dana sebesar US$2 juta.

"Saya kan tidak hadir dalam pertemuannya, kalau seandainya [pasokannya] ada, nanti kami ceritakan," kata Agus Martowardojo di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Jumat, 18 Maret 2011.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Agus mengakui, Jepang selama ini merupakan kreditor terbesar bagi pembangunan sejumlah proyek di tanah air. Karena alasan itu pula, pemerintah memberikan perhatian yang penuh terhadap kondisi Jepang pasca musibah gempa bumi dan tsunami.

"Indonesia memberikan dukungan sebesar US$2 juta untuk pemerintah Jepang dan ini merupakan bentuk rasa solidaritas kita dengan musibah," katanya.

Namun, dalam hal permintaan tambahan pasokan ekspor minyak bumi dan gas, Agus menyatakan pemerintah harus membicarakan masalah tersebut dengan instansi terkait karena hal itu berhubungan dengan produksi dan konsumsi energi nasional.

Pemerintah Indonesia selama ini telah membuat kebijakan bahwa pasokan gas dalam negeri akan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan industri lokal. Sejumlah industri seperti pembangkit listrik, pupuk, dan petrokimia merupakan industri yang paling membutuhkan tambahan pasokan gas.

Sebelumnya,  Pemerintah Jepang melalui Wakil Menteri Luar Negerinya Makiko Kikuta secara resmi meminta bantuan tambahan  pasokan gas dan minyak dari Indonesia guna mengatasi berkurangnya sumber listrik akibat tidak beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima.  Untuk mengatasi defisit pasokan listrik, pemerintah Jepang telah memberlakukan kebijakan penghematan penggunaan listrik secara besar-besaran.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024