Distribusi Alat Berat dari Jepang Terganggu

Dua alat berat mengambil lumpur di Kali Ancol, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - PT United Tractors Tbk., distributor alat berat merek Komatsu,  hingga saat ini belum merevisi target penjualan hingga akhir 2011. Namun, manajemen United Tractors masih menunggu penjelasan detail dari pihak Komatsu, Jepang, terkait dampak gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

"Kami masih menargetkan penjualan naik 10 persen selama 2011 dibanding tahun lalu," kata Sekretaris Perusahaan United Tractors, Sara K Loebis, ketika dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 22 Maret 2011.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Selama 2010, United Tractors membukukan penjualan alat berat sebanyak 5.404 unit, atau melonjak 74 persen dibanding 2009 yang hanya mencapai 3.111 unit.

Sara menjelaskan, selain dipasok dari Jepang, kebutuhan alat berat merek Komatsu tersebut juga didatangkan dari Thailand, China, dan Amerika Serikat. "Pihak Komatsu Jepang akan berupaya memasok kebutuhan alat berat di Indonesia dari luar Jepang," ujarnya.

Meski demikian, dia belum mengetahui persis pabrik Komatsu dari negara mana yang akan diminta memasok alat berat ke Indonesia. Apalagi, selain dipasok langsung dari Jepang, Komatsu juga memiliki pabrik perakitan di Indonesia.

"Jadi, pasokan tidak seluruhnya terganggu," ujarnya. "Mereka masih menghitung berapa banyak alat berat yang akan dialokasikan ke Indonesia paska bencana itu."

Dia menjelaskan, terganggunya pasokan alat berat tersebut di antaranya karena kerusakan infrastruktur seperti jalan dan pelabuhan. Kondisi itu ikut menghambat pasokan komponen dan alat berat ke Indonesia. "Tapi, kondisi pabrik Komatsu di Jepang sendiri tidak mengalami kerusakan parah," ujarnya.

Kesulitan lain, dia menjelaskan, adalah terganggunya produksi komponen dari para pemasok di Jepang. Komatsu masih mempelajari kondisi perusahaan pemasok komponen paska gempa dan tsunami itu. 

Meski demikian, hingga saat ini, United Tractors masih dapat mendistribusikan kebutuhan alat berat ke sejumlah sektor industri, seperti pertambangan, perkebunan, kehutanan, dan konstruksi.

Berdasarkan data terakhir, United Tractors menguasai 55 persen pangsa pasar alat berat di Indonesia. Sementara itu, volume penjualan alat berat sejak awal tahun hingga Februari 2011 telah mencapai 1.418 unit, atau meningkat sekitar 93,4 persen dibanding periode sama 2010 sebanyak 733 unit.

Sektor pertambangan masih mendominasi permintaan alat berat selama periode dua bulan pertama 2011 itu. Penjualan alat berat untuk sektor pertambangan pada periode itu mencapai 988 unit, disusul perkebunan 180 unit, konstruksi 151 unit, dan kehutanan 99 unit. (art)

Maliq & DEssentials

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

Grup musik Maliq & D’Essentials, Reza Artamevia dan Dewa 19 sukses menghibur penonton pada konser Soul Intimate Concert 2.0 di The Hall Kasablanka, Jakarta Jumat 19 April

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024