BISNIS

Sambut KTT APEC 2013, Bali Bangun Underpass

Jalan bawah tanah (underpass) di simpang Dewa Ruci, Bali itu menelan biaya Rp300 miliar.

ddd
Selasa, 12 April 2011, 18:12 Antique
Bendera negara peserta APEC di pasang di marka jalan
Bendera negara peserta APEC di pasang di marka jalan (VIVAnews/Trisukma Djandam)

VIVAnews - Menyambut KTT APEC di Bali 2013 mendatang, provinsi itu akan membangun jalan bawah tanah (underpass) di simpang Dewa Ruci, Kabupaten Badung, Bali.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali, Dewa Putu Punia Asa, pembangunan infrastruktur tersebut bakal menghabiskan dana Rp300 miliar, dan ditargetkan rampung sebelum November 2013.

"Pembangunan jalan ini harus sudah rampung sebelum kegiatan KTT APEC 2013 mendatang. Karena jalan ini adalah salah satu akomodasi penunjang pelaksanaan konferensi tersebut," kata Punia Asa saat menggelar jumpa wartawan, Selasa 12 April 2011.

Punia Asa melanjutkan, pembangunan jalan underpass simpang Dewa Ruci itu saat ini masih menunggu pembebasan lahan. "Jalan itu segera dibangun, dan lelang proyek sedang dilakukan," kata dia.

Ia menuturkan, panjang jalan bawah tanah mencapai 450 meter, dengan lebar 18 meter, dan tinggi 5,2 meter. "Mudah-mudahan proyek pembangunan underpass ini tak ada hambatan lagi. Kita harapkan Agustus 2011 proyek itu sudah jalan," ujar Punia Asa.

Punia Asa tak memungkiri jika selama pengerjaan proyek jalan bawah tanah itu tentu akan ada hambatan jalur tujuan Nusa Dua. Namun, pihaknya berupaya meminimalisasi hambatan di sekitar jalan tersebut. "Jalan underpass itu persis terowongannya di tengah-tengah jalan yang ada sekarang ini," ujarnya.

Ditambahkannya, pembangunan jalan itu membantu mengurai kemacetan di kawasan wisata Bali bagian selatan. "Dengan selesainya pembangunan underpass, diharapkan tak ada kekacauan lalulintas di simpang jalan Dewa Ruci," kata Punia Asa.

Sebelumnya, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Bina Marga Pekerjaan Umum, Susalit Alius CAS mengatakan, dana pembangunan dan pembebasan lahan underpass simpang Dewa Ruci sudah disiapkan. "Dana pembangunan underpass Rp261 miliar sudah siap. Begitu juga dana pembebasan lahan," ujarnya.  (Laporan Bobby Andalan | Bali).



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com