Minus Rp 5,6 Triliun

MKBD Sarijaya Tak Cerminkan Kerugian Nasabah

VIVAnews - Nilai modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) PT Sarijaya Permana Sekuritas yang minus Rp 5,64 triliun tidak mencerminkan kerugian dana nasabah.

"Nilai MKBD tidak ada hubungannya dengan dana nasabah yang hilang," kata Direktur Perdagangan Fixed Income dan Derivatif, Keanggotaan, serta Partisipan, BEI, Guntur Pasaribu, di Jakarta, Selasa 13 Januari 2009.

Menurut Guntur, perhitungan MKBD diserahkan pada masing-masing perusahaan efek (self assessment). "Berdasarkan perhitungan kami, dana nasabah yang belum ketemu masih sekitar Rp 245 milar," ujar dia.

Ketentuan minimum MKBD pada dasarnya untuk menjamin penyelesaian transaksi. Sementara itu, formula untuk menghitung MKBD secara umum adalah aktiva lancar yang diperkenankan (admitted assets) dikurangi total utang.

Aktiva lancar itu terdiri atas kas dan setara kas, piutang transaksi, dan portofolio setelah haircut.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Menurut dia, perhitungan MKBD oleh perusahaan efek dilakukan berdasarkan kepercayaan dan niat baik. Apalagi, peraturan perhitungan MKBD sudah diberlakukan sejak lama.

Pada peraturan tersebut, portofolio nasabah seperti uang atau efek, harus terpisah dari rekening perusahaan dan tidak masuk dalam perhitungan MKBD.

"Jadi, yang diperhitungkan adalah perusahaan itu sendiri, dana kas, atau modal disetor. Lalu, tagihan lancar dan selanjutnya ada formula perkalian," ujar dia. MKBD juga mencantumkan piutang lancar.

Meski demikian, dia menambahkan, data MKBD yang saat ini dipublikasikan BEI melalui situs sudah mencerminkan hasil pemeriksaan otoritas bursa. Hal itu membuktikan BEI dapat meningkatkan manajemen risiko. Kondisi itu diharapkan dapat melindungi nasabah dan perusahaan efek.

Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024