Hari ini, Elnusa Temui Bank Indonesia

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Untuk menyelesaikan persoalan pembobolan rekening deposito senilai Rp111 miliar di PT Bank Mega Tbk Cabang Jababeka, Cikarang, manajemen PT Elnusa Tbk dijadwalkan hari ini akan menggelar pertemuan dengan Bank Indonesia (BI).

"Besok (hari ini) Elnusa akan bertemu dengan BI," ujar Direktur Utama Elnusa Suharyanto di Jakarta.

Suharyanto berharap masalah perbedaan persepsi antara manajemen Bank Mega dan Elnusa bisa diselesaikan oleh otoritas pengawas perbankan tersebut. Namun, dalam pertemuan kali ini, jajaran Elnusa tidak akan didampingi oleh Bank Mega. "Kalau bisa diselesaikan, kami akan sangat senang," katanya.

Jika hasil pertemuan dengan BI tersebut tidak menemukan kata sepakat untuk menyelesaikan perbedaan pendapat kedua pihak, Elnusa menegaskan pihaknya siap membawa masalah tersebut ke jalur hukum.

"Jalan satu-satunya, ya, melalui langkah hukum. Itu merupakan jalan terakhir bagi kami," katanya.

Dalam penjelasannya kepada wartawan, direksi Elnusa mengaku sudah menyerahkan surat kepada manajemen Bank Mega untuk menjelaskan posisi dana deposito mereka yang hilang di bank tersebut. Surat yang disampaikan pada 25 April 2011 itu juga mendesak agar bank milik Chairul Tanjung tersebut mengembalikan simpanan tersebut.

Elnusa bersikukuh, perusahaan memiliki simpanan dalam bentuk deposito berjangka sebesar Rp164 miliar. Setelah dicairkan sebesar Rp50 miliar pada 5 Maret 2011, Elnusa seharusnya masih memiliki deposito senilai Rp111 miliar.

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun

"Kami tegaskan bahwa simpanan kami dalam bentuk deposito berjangka bukan deposito on call," ujar Suharyanto seraya menunjukan bukti surat Advis Deposito Berjangka yang dikeluarkan Bank Mega Cabang Jababeka.

Namun, dalam surat balasannya kepada Elnusa tertanggal 2 Mei 2011, manajemen Bank Mega di kantor pusat menyatakan bahwa surat Advis Deposito Berjangka milik Elnusa tidak pernah ada di Bank Mega. Sebelumnya, manajemen Bank Mega menjelaskan bahwa deposito Elnusa berbentuk deposito on call.

"Kalau berubah jadi deposito on call, kami tidak tahu sama sekali. Direksi tidak pernah tahu, karena seluruh proses setelah uang kami setorkan ke Bank Mega sepenuhnya urusan pihak bank," ujar dia. (art)

Tol Tangerang-Merak (Foto Ilustrasi).

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Untuk kendaraan berat sendiri sudah terjadi peningkatan arus lalu lintas sampai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024