Bapepam Bicara Dewan Komisioner OJK

Bapepam
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) berharap pembentukan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera terealisasi, karena hingga saat ini belum mempunyai titik terang.

''Ya, mudah-mudahan ada titik temu dalam pembentukan Dewan Komisioner tersebut,'' ujar Ketua Bapepam-LK, Nurhaida, di sela seminar di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 16 Juni 2011.

Menurut Nurhaida, jika Rancangan Undang-Undang OJK diselesaikan, akan ada sejumlah tahapan. Pertama, penetapan dewan komisioner. Kedua, penyusunan perangkat di bawahnya. Dilanjutkan kesiapan sistem informasi teknologi dan sumber daya manusia.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

''Dalam rangka persiapan, kami bicarakan gedung dulu untuk running. Kemudian organnya, sampai sistemnya. Lalu nanti, kami ada konsultannya, kira-kira itu," kata dia.

Dia menambahkan, OJK nanti akan mengawasi pasar modal, dana pensiun, pegadaian, asuransi, perbankan, dan jasa keuangan yang mengelola keuangan masyarakat. ''Untuk jasa keuangan mikro sendiri sesuai dengan UU nanti akan diatur peraturan pelaksana,'' kata Nurhaida.

Sebelumnya, pembahasan RUU OJK kembali molor. Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyepakati untuk memberi waktu pembahasan hingga hari ini.

Masalah yang hingga kini belum mencapai titik temu di antaranya mengenai keanggotan dan tata cara pemilihan dewan komisioner, hak penyidikan, dan penentuan. (art)

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024