Separuh DAU Daerah Habis Untuk Gaji PNS

Ilustrasi/Pegawai Negeri Sipil.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews- Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan belanja pegawai daerah yang diambil dari dana alokasi umum (DAU) pusat sendiri rata-rata nasional sebesar 57 persen. Beberapa daerah bahkan bisa mencapai 60-80 persen.

"Dari data DAU yang ditransfer ke daerah, tak dibantah 57 persen habis untuk gaji pegawai," ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Raydonnyzar Moenek saat dihubungi VIVAnews.

Raydonnyzar menjelaskan meski gaji pegawai menghabiskan 57 persen dari DAU, namun secara agregat jika belanja pegawai dibandingkan dengan total belanja, rata-rata nasional mencapai 39 persen.

Menurutnya pemerintah saat ini melakukan pembenahan dan penataan kembali berapa porsi ideal antara belanja barang dan jasa maupun modal. Belanja modal pemerintah daerah saat ini mencapai 21,7 persen, kurang dari syarat APBN sebesar 30 persen. Meski demikian belanja modal itu meningkat karena sebelumnya hanya 14 persen dari total APBD. Dengan belanja modal, pembangunan infrastruktur dapat berjalan, sehingga menyerap tenaga kerja.
"Dari Kementerian Dalam Negeri melakukan pembenahan dan penataan kembali terhadap besaran belanja," tambahnya.

Sementara terkait dengan wacana pensiun dini PNS yang dilontarkan Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri mengapresiasi rencana itu. Alasannya beban belanja keuangan negara dari tahun ke tahun naik. Namun pemerintah juga harus mengkaji secara keseluruhan, tak hanya dari sisi efisiensi, seperti sisi sosial dan politiknya juga perlu kajian mendalam.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Dari sisi Kemendagri, kami sikapi dengan pembenahan proporsi belanja pegawai, dan mengendalikan belanja pemerintah," tambahnya. (eh)

Baca juga: Daerah dengan belanja pegawai tertinggi dan provinsi paling banyak anggaran gaji pegawai.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024