Mandiri Tak Hanya Bidik Wirausaha Muda

Expo Wirausaha Mandiri
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Bank Mandiri kembali menggelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2011 yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda mandiri. Namun, pada gelaran WMM tahun ini yang akan dimulai pada 19 Juli 2011 mendatang, Bank Mandiri tidak hanya berfokus bagi penciptaan wirausaha (entrepreneur) mandiri tetapi juga technopreneur mandiri.

"Tahun ini akan mengembangkan dari entrepreneur ke technopreneur yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar," kata Corporate Secretary Bank Mandiri, Sukoriyanto Saputro, di Jakarta, Minggu, 17 Juli 2011.

Pada perkembangannya, lanjut Sukoriyanto, WMM telah mencetak sebanyak 6.545 pengusaha muda baru di bidang boga, jasa dan industri kreatif dalam waktu empat tahun sejak 2007 yang berasal dari mahasiswa maupun alumni perguruan tinggi negeri/swasta. Program WMM tahun ini yang akan dikembangkan adalah technopreneur. "Bidangnya itu ada tiga, energi terbarukan, air bersih, dan teknologi informasi," ungkap Sukoriyanto.

Ia mencontohkan untuk energi terbarukan misalnya teknologi listrik tenaga surya, teknologi microhydro, dan listrik dari gelombang air laut. Sedangkan untuk teknologi pengembangan penyediaan air bersih dan teknologi informasi. Syaratnya, teknologi itu dapat bermanfaat dan mendatangkan kesejahteraan untuk masyarakat luas.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

"Mahasiswa atau alumni itu bisa mendaftar ke website, sudah ada formulirnya, dan nantinya akan kami seleksi," kata Sukoriyanto.

Nantinya, kata Sukoriyanto, WMM ini akan mendapatkan insentif modal dari Bank Mandiri untuk membuka dan mengembangkan usahanya maupun alat ciptaannya yang belum dikomersialkan agar dapat diproduksi secara masal.

"Kami sudah mengeluarkan Rp5,5 miliar untuk kredit komersil WMM yang sudah besar, sedangkan PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) kami berikan maksimal Rp20 juta per orang," pungkasnya. (eh)

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024