BI Waspadai Gelembung Kredit Otomotif

Darmin Nasution, Gubernur BI
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Kredit sektor otomotif mengalami kenaikan cukup signifikan. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) akan mewaspadai potensi terjadinya gelembung atau bubble ekonomi di sektor tersebut.

Gubernur BI, Darmin Nasution, mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mengkaji potensi bubble di sektor otomotif. "Kami terus mengkaji mengenai ancaman bubble, bagaimana perkembangannya masih kami ikuti," kata Darmin di Gedung BI, Jakarta, Senin 1 Agustus 2011.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Dia menambahkan, bila perkembangannya cukup cepat, bank sentral akan mengeluarkan kebijakan untuk memperlambatnya. "Nah, makanya, yang sekarang ini kami lakukan, ya mengkajinya. Kami belum memutuskan untuk mengeluarkan keputusan, sebaiknya jangan berspekulasi," ujar Darmin.

Sebelumnya, BI melihat pertumbuhan kredit di sektor otomotif, bertambah besar dan berpotensi terjadi gelembung ekonomi. Untuk itu, BI sedang mengkaji kenaikan uang muka (down payment), khususnya bagi kredit otomotif.

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Bahkan, manajemen PT Bank Central Asia Tbk juga mengusulkan agar Bank Indonesia membuat peraturan mengenai minimun uang muka agar bubble atau gelembung ekonomi pada sektor otomotif tidak terjadi. Ketentuan minimum ini juga akan menyehatkan persaingan dalam industri perbankan.

Menurut Direktur Konsumer BCA, Henry Koenaifi, rencana kebijakan minimun down payment oleh bank sentral dinilai sebagai langkah tepat untuk mengantisipasi bubble. BCA menetapkan down payment di atas 20 persen.

"90 persen kredit kendaraan bermotor DP-nya 20 persen ke atas," ujar dia belum lama ini. (eh)

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024