Beli Emas di Pegadaian Bisa Dicicil

Pegadaian
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews- Tak hanya sebagai tempat menggadaikan emas, Pegadaian juga berfungsi sebagai tempat menjual emas. Berbeda dengan toko perhiasan, membeli emas di Pegadaian bisa dilakukan dengan cara mencicil.

Pegadaian menerima pembelian emas batang dari yang paling kecil 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram dan yang paling besar 1 kilogram. Saat ini harga emas yang ditaksir di Pegadaian sebesar Rp425 ribu per gramnya.

"Jadi kalau dipasaran menjual Rp503 ribu. Pegadaian menjual Rp480 ribu. Namun karena sekarang harga emas belum stabil harga taksiran bisa naik kalau kenaikan harga emas sudah stabil" kata staff kantor unit Pegadaian Cikini, Ulfa Hairunisah yang ditemui VIVAnews, Jumat, 12 Agustus 2011.

Untuk membeli emas, nasabah harus membawa kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, dan uang muka sebesar 30 persen dan total bunga. Ulfa mengatakan pembelian emas dapat dicicil diangsur dan juga bisa dengan uang tunai, jika diangsur minimal 3 bulan dan maksimal 36 bulan. Bunga yang dikenakan satu persen dari harga emas tiap bulannya.

"Jadi walaupun harga emas mengalami perubahan, harga cicilan masih tetap sama seperti awal konsumen mengangsur, kalau kreditnya mau 6 bulan berarti bunganya 6 persen." kata Ulfa.

Jika proses pembelian emas dengan cara mengangsur, Ulfa mengatakan emas itu masih disimpan oleh Pegadaian. "Selama pembelian cicilan emas tetap disimpan, kalau dikasih bisa lari nanti konsumennya. Tapi jika bayarnya tunai kita langsung kasih emasnya," tambahnya.

Selama masa cicilan, konsumen harus membayar tepat waktu jika tidak akan dikenakan denda. Namun, jika konsumen tidak membayar cicilan atau sudah melewati waktunya, emas tersebut nantinya akan dilelang dan uang nasabah akan dikembalikan dengan dikurangi beban denda. "Laku lelang dipotong dua persen dan kewajiban nasabahnya, selisihnya uang tersebut dikembalikan ke nasabah."kata Ulfa.

Harga emas di Pegadaian berlaku sama untuk setiap cabang di Indonesia. Harga emas itu ditentukan oleh kantor pusat dengan berpatokan harga emas di pasaran yang dilakukan tim survey.

Meski harga emas naik tinggi, hampir mencapai Rp500.000 per gram, masyarakat yang akan menggadaikan emasnya di Pegadaian belum meningkat. Masyarakat lebih banyak yang menebus emas yang digadai yang mengalami kenaikan 15 persen.(umi)

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024