Selama Puasa Konsumsi Gas Naik Dua Kali Lipat

Tabung gas tiga kilogram yang juga diburu keluarga mampu.
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews - Tak hanya menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk menghadapi Lebaran, PT Pertamina (Persero) juga harus mengimpor elpiji hingga dua kali lipat. Selain pengamanan stok selama puasa, impor ini juga dialokasikan untuk mengamankan konsumsi elpiji yang meningkat pada lebaran nanti.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Hal tersebut disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Z Saleh dalam kunjungan kerja di Cikampek, Jawa Barat, Senin, 22 Agustus 2011. "Untuk meningkatkan stok elpiji maka Pertamina meningkatkan impor dua kali lipat dari impor normal," katanya.

Darwin menjelaskan stok elpiji nasional per 21 Agustus 2011 mencapai 172 ribu metrik ton. Stok ini terdapat di sejumlah kilang, depot, kapal, floating storage offloading (FSO) dan Tanjung Uban.

Sementara untuk tingkat konsumsi, Kementerian ESDM mencatat konsumsi elpiji per hari diperkirakan bisa mencapai 14 ribu metrik ton. "Sehingga ketahanan stok elpiji nasional sebesar 12,23 hari dan aman untuk periode 15 Agustus-15 September 2011,"katanya.

Selama ini, dalam situasi normal, Pertamina biasanya hanya mengimpor elpiji per bulan mencapai tiga kargo atau 132 ribu metrik ton. Namun seiring meningkatnya aktivitas masyarakat selama Puasa dan Lebaran, impor gas meningkat menjadi enam kargo per bulan atau 264 ribu metrik ton.

Dirjen Migas, Evita Legowo menyatakan kenaikan impor elpiji ini hanya berlangsung pada bulan Agustus 2011 atau selama Ramadhan. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi elpiji yang naik selama Ramadhan.

"Impor ini hanya pada bulan ini aja, nanti normal kembali," katanya. (eh)

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024