Dilarang Bawa BBM Cadangan Saat Mudik

Ilustrasi/Pemantauan kepadatan lalu lintas di ruas tol
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah meminta pemudik tidak membawa persediaan bahan bakar minyak selama perjalanan mudik. Larangan ini disampaikan karena adanya peristiwa jerigen minyak tumpah dan terbakar di kapal Feri.

"Tidak perlu membawa jirigen berisi BBM," kata Deputi Logistik dan Infrastruktur, Kementerian BUMN, Sumaryanto Widayatin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa 23 Agustus 2011.

Larangan dikeluarkan karena ada kekhawatiran akan membahayakan si pembawa BBM. Sumaryanto mencontohkan,  kejadian sebelumnya, BBM tumpah dan terbakar di feri. "Itu membuat masalah tertunda semua," kata dia.

Sumaryanto menjelaskan, beredar kabar di daerah Sumatera akan terjadi kelangkaan bahan bakar minyak. Tapi Sumaryanto menepis isu itu dan menjamin stok BBM akan mencukupi.

"Dijamin semua sudah siap," kata Sumaryanto. Pemerintah menjamin tidak akan terjadi kelangkaan BBM termasuk di daerah Sumatera.

Di jalur-jalur mudik BBM, baik solar maupun premium tersedia. "Tidak usah khawatir kehabisan BBM di jalan," kata Sumaryanto.

Menurutnya, apabila ada kendaraan kedapatan membawa cadangan BBM, maka BBM yang dibawa itu akan dipaksa untuk diturunkan. "Dicek satu-satu terutama saat masuk kapal feri. Itu sudah ada SOP-nya," kata Sumaryanto. (umi)

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Ilustrasi buah-buahan.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tak melulu harus mengonsumsi pil vitamin c, kebutuhan akan vitamin C dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin ini. Berikut adalah beberapa buah y

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024