BISNIS

Jamsostek Ikut Beli Saham PGAS

Institusi lokal pemerintah ikut membiayai buy back saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

ddd
Selasa, 14 Oktober 2008, 07:09 Antique
Pipa penyaluran gas
Pipa penyaluran gas (AP Photo)

VIVAnews - PT Jamsostek (Persero) dikabarkan ikut andil membeli kembali (buy back) saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) sebesar 10 persen.

Menurut sumber, institusi lokal milik pemerintah itu menempuh dua cara dalam mengambil alih PGAS, yaitu melalui pemegang saham mayoritas dan pasar sekunder. Saat ini, Jamsostek diketahui sedang mengumpulkan PGAS melalui broker asing maupun lokal, selain bernegosiasi dengan perseroan.
 
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PGAS Heri Yusuf kepada VIVAnews Senin, 13 Oktober 2008 mengatakan,  pihaknya belum mendapatkan keterangan yang resmi mengenai masuknya Jamsostek ke dalam kepemilikan saham perseroan melalui program buy back.

Namun, dia mengakui, program pembelian kembali saham perseroan dianggarkan dari kas internal PGAS. “Kita belum mendapatkan konfirmasi mengenai ikutnya Jamsostek dalam program buy back, yang jelas dana disiapkan dari internal perusahaan,” jelas Heri.
 
Per 31 Mei 2008, Bank of New York memiliki saham PGAS sebesar 5,24 persen. Morgan Stanley and Co Intl Plc-IPB Cli 5,83 persen dan Negara Republik Indonesia sebesar 54,58 persen pada 31 Agustus 2008.

Pada perdagangan Senin, PGAS ditutup menguat 9,43 persen atau Rp 150 di level Rp 1.740. Broker CLSA Indonesia dengan kode KZ tercatat sebagai salah satu broker yang paling banyak mengoleksi PGAS. 

Menurut analis PT AmCapital Robin Setiawan, rencana masuknya Jamsostek ke dalam kepemilikan saham perseroan akan mendorong ikutnya institusi lokal maupun asing untuk turut andil memburu saham berkode PGAS. “Ini akan menjadi sentimen positif bagi pergerakan PGAS. Tentunya, harga saham bisa menembus level Rp 2.000-an lagi dalam waktu dekat," ujarnya.

Pada semester pertama 2008, perseroan mencatat pendapatan Rp 3,44 triliun dan laba bersih mencapai Rp 1,45 miliar.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com