Valuasi Saham Mayora Masih Murah

VIVAnews - Prospek industri barang-barang konsumsi (consumer goods) yang masih menjanjikan dapat berdampak positif bagi pergerakan saham di sektornya, termasuk PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Target harga saham selama 12 bulan Rp 1.500 per unit.

Riset PT BNI Securities edisi Rabu 28 Januari 2009 menyebutkan, pada perdagangan Selasa 27 Januari 2009, MYOR ditutup pada level Rp 990 per saham. Saham di sektor ritel itu diperdagangkan pada price to earning ratio (PER) 4,56 kali atau di bawah rata-rata industrinya 6,72 kali.

"Kami masih memiliki sudut pandangan positif terhadap industri consumer goods Indonesia. Kami merekomendasikan hold untuk saham Mayora," kata analis BNI Securities, Akhmad Nurcahyadi, dalam risetnya yang diterima VIVAnews di Jakarta.

Menurut dia, Mayora mampu membukukan kinerja yang cukup baik di tengah kondisi kekhawatiran pelemahan daya beli masyarakat. Pendapatan selama 2008 meningkat menjadi Rp 3,9 triliun dibanding Rp 2,82 triliun pada periode sama 2007.

"Perolehan itu 25,35 persen di atas ekspektasi kami, setara dengan Rp 3,11 triliun," ujar dia.

Pertumbuhan penjualan tersebut disebabkan oleh peningkatan volume penjualan, dibandingkan dengan kenaikan harga jual produk. Perkembangan pangsa pasar domestik juga mendorong laba bersih Mayora bertumbuh menjadi Rp 184 miliar pada 2008 dari Rp 141 miliar selama 2007.

"Penjualan biskuit dan permen tetap menjadi kontributor utama peningkatan pendapatan Mayora," tuturnya.

Menurut sumber internal perusahaan, dia melanjutkan, perseroan tidak akan melakukan ekspansi signifikan tahun ini. Namun demikian, melalui alokasi belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 100 miliar, Mayora akan fokus meningkatkan volume produksi. Hal itu untuk membukukan kinerja lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Manajemen optimistis, Mayora bisa bertumbuh 15 persen tahun ini dan memproyeksikan pendapatan meningkat menjadi Rp 4,5 triliun dengan kenaikan laba bersih menjadi Rp 220 miliar.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024