Pertamina Akan Beli 5 Merek Pelumas Asing

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pertamina berniat membeli tiga hingga lima merek pelumas buatan China, Thailand, dan Eropa. Hal itu dilakukan, untuk memperbesar market share Pertamina di luar negeri.

Manager Overseas Marketing Lubricant Busines Unit Pertamina, Redesmon Munir mengatakan, lima merek pelumas ini akan dibeli dalam dua tahun ke depan.

"Saat ini saya belum bisa menyebut apa merek-nya, namun dalam dua tahun ke depan, akan ada sekitar 3 sampai 5 merek yang dibeli," kata Redesmon Munir di Padang, Sabtu, 22 Oktober 2011.

Selain membeli merek dagang pelumas di tiga negara tersebut, Pertamina juga menargetkan membuka cabang penjualan pelumas di Seatle, Amerika Serikat. Negeri Pamam Sam itu menjadi target BUMN ini untuk memasarkan pelumas buatan dalam negeri.

Selama empat tahun terakir ini, produk pelumas Pertamina sudah hadir di 18 negara, mulai dari Australia hingga Nepal. Hanya saja, persentase penjualan pelumas Pertamina masih kalah jauh jika dibanding pesaingnya seperti Petronas, Shell, dan Castrol.

"Persentasenya masih kecil sekali, secara volume mencapai 150.000 kiloliter dalam empat tahun belakangan (sejak 2007)," kata Redesmon.

Dari hasil penjualan tersebut, Pertamina menargetkan mampu mengukuhkan penjualan senilai Rp1,5 triliun. Sedangkan, keuntungan bersih dari penjualan pelumas di luar negeri tahun ini ditargetkan mencapai Rp300 miliar.

Pertamina menargetkan, pada 2018 akan mampu merambah pasar domestik pelumas sebesar 1,82 persen. Angka ini akan mampu melampaui penjualan pelumas Petronas yang berkisar antara 1,50 persen.

Pada September 2011, Pertamina telah mengekspor pelumas ke Thailand dan Bangladesh yang merupakan ekspor perdananya ke dua negara tersebut.

Market share pelumas Pertamina di dalam negeri memang mengalami peningkatan yang signifikan. Produk pelumas Pertamina seperti Mesran, Fastron, Enduro, Prima XP, mampu menguasai lebih dari 50 persen konsumsi pelumas di dalam negeri.

Laporan Eri Naldi|Padang

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024