BISNIS

Garuda Alihkan Penerbangan ke Banjarmasin

Garuda Indonesia meminta maaf atas keterlambatan penerbangan.
Minggu, 23 Oktober 2011
Oleh : Arry Anggadha, Ronito Kartika Suryani
Maskapai Garuda Indonesia

VIVAnews - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengalihkan penerbangan dari Jakarta menuju Sepinggan, Balikpapan ke Ujung Pandang dan Banjarmasin.

Pengalihan ini karena tergelincirnya maskapai penerbangan Lion Air di bandara Sepinggan.

"Ini akibat bandara ditutup dari pukul 07.05 hingga pukul 13.00 WITA karena adanya pesawat Lion yang memblok landasan bandara Sepinggan, Balikpapan," kata Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia, Pujobroto, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 23 Oktober 2011.

Menurut dia, sejumlah penerbangan Garuda dari Jakarta menuju Balikpapan yang seharusnya sudah mendarat di bandara Sepinggan, Balikpapan hari ini, terpaksa dialihkan pendaratannya ke Ujung Pandang dan Banjarmasin.

Pujobroto menjelaskan, akibat dari penutupan bandara tersebut, tentunya berdampak keberangkatan dari Banjarmasin ke Jakarta tidak dapat diberangkatkan. "Hal tersebut berdampak pada keterlambatan penerbangan-penerbangan Garuda selanjutnya," kata Pujobroto.

Berikut jadwal penerbangan Garuda Indonesia yang mengalami gangguan akibat tergelincirnya pesawat Lion Air:

1. Soekarno Hatta, Cengkareng-Bandara Sepinggan, Banjarmasin.
- Penerbangan Garuda, GA 510 berangkat dari Soekarno Hatta, Cengkareng pukul 05.45, harusnya tiba di Balikpapan pukul 08.50.
- Penerbangan GA 512 yang berangkat dari Cengkareng pukul 6.45 dan tiba di Balikpapan pukul 9.50 terpaksa dialihkan pendaratannya ke bandara Hasannudin, Ujung Pandang.
- Penerbangan GA 514 yang berangkat dari bandara Soekarno Hatta pukul 8.30 dan seharusnya mendarat di bandara Sepinggan, Balikpapan pukul 11.35 terpaksa dialihkan pendaratannya ke Banjarmasin.

2. Bandara Sepinggan, Banjarmasin ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.
- Penerbangan Garuda dari Balikpapan menuju Jakarta, masing-masing GA 513 yang seharusnya berangkat pukul 10.35, dan GA 515 yang seharusnya berangkat pukul 12.20 juga terpaksa tidak dapat diberangkatkan.

Pujobroto mengatakan, penerbangan Garuda GA 510, GA 512, dan GA 514 yang dialihkan ke Ujung Pandang dan Banjarmasin akan diberangkatkan menuju Balikpapan setelah bandara Sepinggan dinyatakan dibuka kembali. "Serta dapat dilaksanakan kegiatan penerbangan," katanya.

Pujobroto mengatakan pihaknya meminta maaf atas keterlambatan penerbangan. "Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penerbangan tersebut, yang terjadi di luar kendali Garuda," ujarnya. (art)

TERKAIT
TERPOPULER