Penjualan Lahan Industri RI Catat Rekor

Awan hitam di atas Kawasan Industri Ciwandan, Anyer
Sumber :
  • Antara/ Asep Fathulrahman

VIVAnews - Penjualan lahan industri pada 2011 di Indonesia mencatat rekor sepanjang sejarah. Total lahan yang terjual pada kuartal III-2011 mencapai 897 hektare. Penjualan lahan itu naik 65 persen dan telah melampaui total penjualan pada 2010.

Laporan konsultan real estate, Colliers International, Kamis 3 November 2011 menyebutkan, penjualan lahan itu turut memicu peningkatan harga pada kuartal tersebut dengan rata-rata kenaikan 7,2 persen dibanding kuartal sebelumnya. Bekasi dan Karawang tercatat sebagai kawasan dengan kenaikan harga paling signifikan.

Harga lahan industri di Bekasi naik 38,3 persen dari US$102,88 per meter persegi menjadi US$142,32 per meter persegi. Sementara itu, di Karawang meningkat 32,1 persen dari US$68,95 per meter persegi menjadi US$91,05 per meter persegi dibandingkan kuartal sebelumnya.

Di kawasan Asia Pasifik, menurut laporan itu, pasar industri termasuk yang paling bergairah di dunia. Terlepas dari bencana gempa bumi dan tsunami yang menghantam Jepang pada awal 2011, pertumbuhan ekonomi di kawasan itu telah berpengaruh positif untuk pasar sewa gudang.

Pada semester I-2011, harga sewa cenderung stabil atau naik untuk sebagian besar pasar di kawasan ini.

"Setelah mengalami gejala penguatan dalam enam bulan pertama tahun ini, pasar sewa gudang di Asia diprediksi turun untuk beberapa bulan ke depan," kata Executive Director Research and Advisory Colliers International untuk wilayah Asia, Simon Lo.

Kondisi itu dipengaruhi ketidakpastian ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa serta melambatnya pertumbuhan ekonomi China. "Namun, tingginya permintaan akan gudang di kawasan ini diperkirakan bertahan untuk waktu yang lama," ujarnya.

Menurut laporan tersebut, untuk lima besar kawasan industri dengan harga sewa termahal di dunia, sewa gudang di Tokyo menduduki peringkat pertama. Disusul London (Heathrow), Zurich, Hong Kong, dan Jenewa.

Kecuali harga sewa gudang di Hong Kong yang naik 10,8 persen pada semester I-2011, sewa gudang di kawasan lima besar lainnya tidak berubah. Harga sewa gudang di Tokyo mencapai US$22,81 per sq ft per tahun.

Sementara itu, di Hong Kong mencapai US$18,97 per sq ft per tahun, dan London (Heathrow) mencapai US$20,88 per sq ft per tahun.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024