Undang Pihak Luar, Dahlan Siap Depak Direksi

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara tidak akan segan-segan memberhentikan direksi yang mengundang orang luar seperti partai politik yang melakukan intervensi terhadap kebijakan perusahaan.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Selama ini, Kementerian BUMN menegaskan intervensi partai politik dalam kebijakan direksi sangat minim. Namun, intervensi sering kali terjadi karena pihak luar bisa mempengaruhi perusahaan BUMN, karena diundang oleh orang dalam seperti direksi.

"Sebenarnya orang luar ini tidak tahu apa-apa, diundang oleh direksi yang ambisius ingin menjadi direktur utama, atau ingin menggulingkan dirut," kata Dahlan Iskan di sela acara Regional Public Sector Conference (RPSC) yang diselenggarakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, Rabu 9 November 2011.

Dahlan berharap seluruh direksi perusahaan BUMN bisa menjaga kerukunan di antara manajemen untuk mencegah munculnya intervensi pihak luar. Namun, jika hal itu terjadi, Dahlan mengaku dirinya tidak akan segan untuk menindak direksi yang mengundang pihak luar seperti partai politik.

Alasannya, dia menambahkan, intervensi yang muncul biasanya dapat mengakibatkan ketidakkompakan dewan direksi yang akhirnya membuat perusahaan BUMN tersebut tidak berkembang.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

"Sekitar 80 persen perusahaan BUMN yang tidak maju-maju karena tidak kompak. Sebanyak 80 persen ketidakkompakan karena adanya intervensi dan 80 persen intervensi tersebut karena diundang oleh orang dalam," ungkap Dahlan.

"Mereka takut kok diberhentikan dari direksi, ketakutan itu yang saya manfaatkan," katanya. (art)

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan
Evakuasi jasad NA istri yang dibunuh oleh suaminya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Menurut saksi, suami dan istri itu sempat bertengkar hebat di kamar. Ada luka tusukan di bagian kepala korban.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024