Subsidi KPR Perlu Cair 25%

VIVAnews - Kementerian Negara Perumahan Rakyat meminta Departemen Keuangan mencairkan 25 persen dana subsidi kredit kepemilikan rumah. Ini guna membayar daftar tunggu KPR pada 2008 sebanyak Rp 300 miliar - Rp 400 miliar.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Negara Perumahan Rakyat Tito Murbiantoro mengatakan, total subsidi yang digelontorkan pemerintah sebesar Rp 2,5 triliun. "Sisanya akan diminta lagi sesuai dengan penyerapan," kata dia di Jakarta, Senin 2 Februari 2009. "Hingga Februari, verifikasi sudah mencapai 25 persen subsidi."

Menurut dia, dana talangan sebesar Rp 300 miliar - Rp 400 miiliar ini sebesar Rp 200 miliar berasal dari PT Bank Tabungan Negara, sisanya dari koperasi dan Bank Perkreditan Rakyat.

Agar penyerapan subsidi lebih efektif, pemerintah akan meningkatkan peran Bank Pemerintah Daerah. Saat ini peran BPD hanya 2 persen dari penyerapan KPR. "Padahal BPD terdapat hampir seluruh daerah," katanya. 

Demikian dengan BPR, peran BPR juga dinilai kurang. "Saat ini kami tengah mengurus masalah ini agar dana subsidi bisa terserap langsung," katanya.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024