BRI Juga Banting Bunga KPR

Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Di saat bank beramai-ramai promosi suku bunga tetap di awal pinjaman (fixed rate) kredit pemilikan rumah (KPR) di akhir tahun, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) juga ikut menurunkan suku bunga tetap KPR. Suku bunga tetap KPR mulai November turun menjadi 7,5 persen dibanding sebelumnya yang mencapai 9,75 persen.

Menurut Divisi Kredit Konsumer BRI, Revi Rizal, suku bunga tetap itu berlaku selama dua tahun. BRI juga bekerja sama dengan pengembang tertentu dengan memberikan diskon bunga. Untuk program itu, bunga KPR yang ditetapkan sebesar 9,75 persen untuk tiga tahun pertama. Bunga program ini khusus untuk pengembang yang bekerja sama dengan BRI.

BRI sendiri menargetkan pertumbuhan KPR sebesar 25 persen hingga akhir tahun, dengan total pembiayaan Rp1,5 triliun. Ia menjelaskan, pangsa pasar KPR BRI lebih banyak diperuntukan kalangan kelas menengah. “Kami lebih banyak bermain di middle class. Tapi, untuk masyarakat menengah ke bawah kami juga tetap memberikan pelayanan," tambahnya.

Seperti diketahui, bank-bank besar jor-joran dalam menurunkan suku bunga KPR. Setelah PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk yang melakukan promo bunga rendah selama dua tahun, PT Bank Mandiri Tbk juga mengikuti langkah kedua bank itu. Bank Mandiri menawarkan suku bunga tetap KPR mulai dari 5,25 persen selama dua tahun.

Promosi suku bunga rendah itu awalnya dilakukan oleh BCA yang menetapkan suku bunga 7,5 persen pada tahun pertama. BCA memperpanjang masa promosi dari September menjadi Desember 2011. Sementara itu, BNI menawarkan suku bunga KPR 7,49 persen selama Oktober hingga Desember 2011. (art)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024