Orang-orang Terkaya dari Benua Afrika

Orang terkaya di Afrika Aliko Dangote
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Benua Hitam, Afrika, dikenal sebagai salah satu kawasan paling terkebelakang di bumi dan sarat dengan konlik antar suku. Namun di antara jutaan jiwa penduduknya, ternyata masih ada orang-orang yang memiliki kekayaan hingga miliaran dolar AS.

Seperti dikutip dari laman Forbes, setidaknya terdapat 40 orang kaya Afrika yang berperan penting di kawasan Benua Hitam tersebut. Miliarder Afrika ini tersebar dari tersebar mulai dari Afrika selatan hingga Maroko dan Mesir dengan bisnis tersebar di berbagai bidang berskala nasional dan dunia.

Jika digabungkan seluruhnya, total kekayaan miliarder Afrika ini mencapai US$64,9 miliar. Jumlah itu mengalahkan kekayaan 40 orang kaya Thailand sebesar US$45 miliar namun di bawah Taiwan sebesar US$92,7 miliar.

Dalam daftar orang kaya ini, terdapat 16 miliarder Afrika dari 40 daftar orang terkaya. Mesir merupakan negara dengan peningkatan jumlah miliarder tertinggi di Afrika sebanyak 7 orang, diikuti Afrika selatan 4 orang.

Peningkatan tersebut membuat Afrika Selatan menjadi penyumbang miliarder terbanyak di Afrika sebanyak 15 orang. Mesir berada pada posisi kedua dengan jumlah miliarder sebanyak 9 orang, diikuti Nigeria 8 orang, dan Maroko 5 orang. Seluruh daftar miliarder Afrika ini merupakan pria berusia rata-rata 61 tahun.

Dari daftar 40 orang terkaya Afrika tersebut, Aliko Dangote dari Nigeria muncul sebagai miliarder terkaya di jagat Benua Hitam. Kekayaan Dangote ditaksir mencapai US$10,1 miliar setara Rp90,9 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS).

Kekayaan Dangote berasal dari kepemilikan sahamnya di perusahaan Dangote Cement yang memiliki wilayah operasional di seluruh Afrika. Kini Dangote juga berminta untuk mengembangkan sayap bisnisnya dengan masuk pada industri pengolahan tepung, gula rafinasi, dan pengolahan garam.

Berikut ini adalah peringkat 5 besar orang kaya Afrika:

2. Nicky Oppenheimer

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

Orang terkaya di Afrika Nicky Oppenheimer
Total kekayaan: US$6,5 miliar (Rp58,5 triliun)
Usia: 66 Tahun
Negara: Afrika Selatan
Sumber kekayaan: Berlian

Pengusaha berlian asal Afrika Selatan ini ditaksir memiliki kekayaan hingga US$6,5 miliar. Oppenheimer memutuskan untuk menjual sahamnya di DeBeers yang telah dimilikinya keluarganya selama 80 tahun, pada awal November ke perusahaan tambang Anglo American.

Dalam dunia yang sempit ini, ternyata Anglo American adalah perusahaan yang didirikan kakek Oppenheimer pada 1917.

 3. Nassef Sawiris

Orang terkaya di Afrika Nassef Sawiris
Total kekayaan: US$4,75 miliar (Rp42,75 triliun)
Usia: 50 tahun
Negara: Mesir
Sumber kekayaan: konstruksi

Nassef Sawiris tercatat menjalankan bisnis Orascom construction Industries, sebuah perusahaan yang didirikan ayahnya, Onsi. Selama aksi demonstrasi terhadap Presiden Hosni Mubarak, saham perusahaan tercatat turun hampir sepertiganya. Namun, saham perusahaan kembali bangkit setelah aksi revolusi berakhir.

Pada Oktober, Sawiris bersama miliarder dari Crasil, Eike Batista yang berasal dari EBX Group mengembangkan perusahaan pupuk nitrogen di Brasil.

Sawaris juga tercatat memiliki saham besar di perusahaan semen LaFarge dan Texas industries.

4. Johann Rupert dan Keluarga

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

Orang terkaya di Afrika Johann Rupert
Total kekayaan: US$4,7 miliar (Rp42,3 triliun)
Usia: 61 tahun
Negara: Afrika Selatan
Sumber kekayaan: Barang-barang mewah

Johann Rupert merupakan miliarder barang-barang mewah asal Afrika Selatan. Dia kini menjabat Chairman dan CEO dari Richemont, perusahaan induk berbasis di Swiss yang menguasai produk-produk seperti Vacheron Constantin, Cartier, Alfred Dunhill, Montblanc dan Chloé.

Pada tahun 2010, Richemont mengakuisisi portal online khusus fashion, net-a-Porter senilai US$343 juta.

Tahun ini penjualan Richemont meningkat lebih dari 30 persen. Sebagian besar peningkatan disebabkan pemulihan resesi global dan meningkatnya permintaan barang mewah di Asia.

Rupert juga tercatat memiliki saham Remgro Ltd dan Reinet Investment Manager. Salah satu saham yang dibeli oleh Remgro adalah British American Tobacco (BAT).

5. Mike Adenuga

Orang terkaya di Afrika Mike Adenuga
Total kekayaan: US$4,3 miliar (Rp38,7 triliun)
Usia: 58 tahun
Negara: Nigeria
sumber kekayaan: Telekomunikasi, bank, dan minyak

Hartawan yang senang menyendiri ini, menjalankan bisnis Conoil Producing, perusahaan Nigeria pertama yang merambah bisnis komersial pada awal 1990-1n. Saat ini Conoil Producing merupakan perusahaan eksplorasi minyak terbesar di Nigeria dengan produksi sekitar 100 ribu barel per hari.

Adenuga yang terkenal dengan sebutan "The Guru" ini juga memiliki Globalcom yang merupakan operator telekomunikasi terbesar kedua di Nigeria.

Adenuga pertama kali menghasilkan uang jutaan dolar AS pada usia 26 tahun dengan menjual renda dan distribusi minuman ringan dengan bantuan dari mantan presiden Nigeria, Ibrahim Babangida. Selama masa kekuasaan Babangida juga, Adenuga memperoleh kontrak khusus untuk membangun barak militer dan izin penambangan minyak.

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Penuh Semangat
Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini

Pep Guardiola mendesak Real Madrid untuk ‘memperbaiki’ kondisi lapangan mereka di Santiago Bernabeu setelah hasil imbang 3-3 Manchester City di Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024