RI Tawarkan Swasta Sewa Menara 100 Lantai

Pengerjaan Konstruksi (Infrastruktur) Bangunan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan membangun Menara Kebanggaan Indonesia dengan tinggi mencapai 100 lantai. Pembangunan menara itu rencananya akan berada di kawasan pusat bisnis Sudirman atau Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta.

"Saat ini, rencana tersebut masih dalam kajian Kementerian Keuangan," kata Deputi Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Sumaryanto Widiyatin, saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Selasa, 22 November 2011.

Sumaryanto menuturkan, selain di Sudirman, pembangunan menara tersebut nantinya juga bisa berlokasi di kawasan Pancoran. "Alternatif lain, ada lahan milik PT Rajawali Nusantara Indonesia," ujarnya.

Nantinya, kata dia, gedung setinggi 100 lantai tersebut, akan diisi perusahaan BUMN. "Rencananya, Badan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga berkantor di sana," tutur Sumaryanto.

Selain perusahaan-perusahaan milik negara, tambah Sumaryanto, perusahaan swasta pun akan ditawarkan berkantor di Menara Kebanggaan Indonesia. "Bila jadi dibangun di kawasan CBD, tentunya akan menarik minat swasta untuk menyewa," tuturnya.

Sementara itu, Sumaryanto menegaskan bahwa pembangunan Menara Kebanggaan Indonesia berbeda dengan rencana pembangunan BUMN Tower atau Menara BUMN yang pernah digagas kementerian sebelumnya. "Kalau Menara BUMN itu lokasinya bisa di mana saja," katanya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN juga pernah melemparkan wacana pembangunan Menara BUMN. Bahkan, pemerintah telah menyiapkan empat lokasi yang dianggap cocok untuk pembangunan gedung yang akan menyatukan seluruh BUMN tersebut.

Selain kawasan Pancoran di lahan milik Rajawali Nusantara Indonesia, tiga lokasi alternatif untuk rencana pembangunan Menara BUMN adalah bekas lapangan udara Kemayoran, kawasan Gedung Artha Loka, serta Patra Jasa milik PT Pertamina.

Bahkan, sejumlah perusahaan swasta mengaku tertarik dengan rencana Kementerian BUMN membangun Menara BUMN tersebut. Penguasa properti Indonesia, Ciputra, bahkan berharap gedung ini akan melampaui pencapaian menara Petronas di Malaysia.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024