Pasar Modal Bergejolak, PTBA Buyback Rp2 T

Tambang batu bara
Sumber :
  • www.warwick.ac.uk

VIVAnews - PT Bukit Asam (Persero) Tbk  berencana menggelar aksi korporasi berupa pembelian kembali saham (buyback) perusahaan dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,04 triliun. Rencananya, perusahaan tambang milik negara itu akan menyerap 5 persen saham seri B yang terlah diterbitkan.

Dalam prospektus yang diterbitkan perusahaan hari ini, Selasa, 22 November 2011 disebutkan, saldo perusahaan yang belum ditetapkan penggunaannya hingga akhir kuartal III-2011 mencapai Rp4,05 triliun. Dari dana itu, perusahaan mengusulkan akan menyisihkan dana sebesar Rp2,04 triliun untuk program buyback.

Saham-saham yang telah dibeli kembali perusahaan nantinya akan dicatat sebagai treasury stock dan PTBA bisa mengalihkan saham itu dengan berbagai cara. Perusahaan di antaranya bisa menjual kembali saham lewat transaksi di bursa efek atau di luar bursa, ditarik kembali dengan cara pengurangan modal, pelaksanaan konversi efek bersifat ekuitas, atau untuk keperluan pendanaan perseroan.

Manajemen PTBA mengakui, aksi buybcak dengan menyisihkan anggaran Rp2,04 triliun itu akan membuat perusahaan mengalami penurunan aktiva dan ekuitas. Namun, hal ini dapat dikompensasikan dengan harga saham PTBA yang relatif stabil di tengah gejolak pasar modal.

Perseroan juga yakin aksi korporasi ini tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan karena PTBA memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup kuat.

Untuk memuluskan rencana buyback tersebut, PTBA rencananya bakal menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa pada 22 Desember 2011. Sementara pihak yang ditunjuk untuk melaksanakan pembelian kembali saham perusahaan adalah PT Danareksa Sekuritas dengan jangka waktu pelaksanaan buyback selama 18 bulan.(umi)

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027
Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

Partai di Koalisi Indonesia Maju atau KIM, akan segera berkumpul syukuran usai Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menang di Pilpres 2024. PKB dan Nasdem diundang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024