Pemain Bola Bantu Italia Atasi Krisis Ekonomi

Timnas Italia rayakan gol
Sumber :
  • Bernat Armangue/AP

VIVAnews - Krisis surat utang yang melanda Italia ternyata mendapat perhatian dari para pemain sepak bola negara pizza tersebut. Para olahrgawan di negeri ini berkeinginan membantu ekonomi negaranya dengan membeli surat utang negara tersebut mulai pekan depan.

"Kami mendukung negara ini. Lebih dari itu, kami percaya dengan kekuatan negara ini. Karenanya kami akan ikut serta dalam Btp Day pada Senin mendatang," ujar Direktur Asosiasi Pemain Bola Italia Damiano Tommasi seperti dikutip laman ret.ie, Sabtu, 26 November 2011.

Acara spesial yang digagas oleh Asosiasi Perbankan Italia atau Italian Banking Association itu diharapkan bisa membantu merangsang pasar surat utang Italia. Saat ini, pasar keuangan Italia tengah dilanda kepanikan investor di tengah utang publik yang meroket dan anjloknya pertumbuhan ekonomi.

"Kami sebagai asosiasi akan membeli surat utang dan saya sudah mengirim surat kepada kapten kesebelasan untuk mengajak rekan-rekannya agar melakukan hal yang sama. Saya menerima respons positif dari rencana ini," ujar bintang klub sepakbola AS Roma ini.

Tommasi mengatakan di tengah krisis ekonomi global, terutama yang terjadi di Italia, langkah berinvestasi di pasar surat utang oleh setiap masyarakat akan menunjukan kepercayaan bahwa negara ini bisa mengatasi masalahnya.

Perekonomian Italia saat ini tengah menjadi sorotan dunia setelah tingkat suku bunga surat utang negara tersebut mencapai rekor tertinggi pada Jumat kemarin. Imbal hasil untuk surat utang bertenor 6 bulan mencapai 6,504 persen sedangkan untuk surat utang bertenor dua tahun mencapai 7,814 persen.

Selain para pemain bola, sejumlah tokoh bisnis Italia juga telah tampil ke muka untuk memberikan dukungan pada perekonomian Italia dalam beberapa pekan terakhir. Aksi mereka diharapkan bisa membantu merangsang pembelian surat utang Italia di samping sebagai upaya menumbuhkan patriotisme warga Italia untuk mengatasi krisis yang sedang melilit. (kd)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024