Renovasi Jembatan Tak Perlu Pakai Baja Impor

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • ANTARA/Amirullah

VIVAnews - Perkiraan Badan Pusat Statistik bahwa renovasi jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dapat memacu lonjakan impor besi baja tidak perlu terjadi. Syaratnya, pembangunan jembatan yang melintasi Sungai Mahakam itu sepenuhnya menggunakan besi baja dari pabrik pengolahan di Tanah Air.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

"Tidak perlu ada kenaikan impor baja," kata Ketua Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia (AIBBI), Fazwar Bujang, kepada VIVAnews.com, Kamis, 1 Desember 2011.

Menurut Fazwar, PT Krakatau Steel Tbk siap memasok kebutuhan besi baja untuk Jembatan Kukar. Pertanyaannya, saat ini apakah pemerintah setempat berniat untuk untuk menggunakan produksi baja dalam negeri.

"Nggak perlu impor baja, selama ada niat dari pemerintah untuk menggunakan baja dalam negeri," kata dirut Krakatau Steel tersebut.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

BPS memperkirakan renovasi Jembatan Kutai Kartanegara dapat memicu lonjakan impor besi baja. Padahal, hingga Oktober 2011, impor besi baja di Indonesia mengalami penurunan sebesar 14,4 persen dari US$781 juta pada September menjadi US$668 juta.

Fazwar juga mengungkapkan, harga baja di dunia saat ini terus turun karena terjadi kelebihan pasokan. Di sisin lain, harga bijih besi untuk bahan baku masih tinggi. Krakatau Steel berharap harga baja pada tahun depan tidak turun lagi, karena sudah banyak pabrik baja di dunia yang menurunkan produksi bahkan menghentikan produksi.

"Harapannya dengan turunnya pasokan, inventori di pasar turun, maka harga akan naik lagi," katanya. (art)

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024