Kualitas SDM Indonesia Dikalahkan Malaysia

Padati Bursa Kerja
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia menjadi penyebab tingginya angka pengangguran terbuka di Tanah Air.

Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, industri maupun jasa perdagangan menuntut kualitas SDM yang baik untuk memenuhi kebutuhan para pekerjanya.

"Untuk itu, rendahnya kualitas tenaga kerja berimbas pada tingkat produktivitas dunia usaha Indonesia," ujar Suryo saat memberi sambutan dalam acara seminar 'Mencetak Sejuta Lapangan Kerja dan Kewirausahawan Baru' di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Tingkat produktivitas dunia usaha Indonesia, dia melanjutkan, berada di peringkat 58, jauh di bawah negara tetangga di Asia Tenggara seperti Thailand maupun Malaysia. "Thailand berada di peringkat 27 dan Malaysia 18," tuturnya.

Pengangguran yang relatif tinggi di Indonesia, dia menambahkan, disebabkan adanya kesenjangan antara jumlah pertumbuhan angkatan kerja dan lapangan kerja khususnya pada sektor formal.

"Pertumbuhan angkatan kerja tiap tahun mencapai sekitar 2,91 juta, sedangkan pertumbuhan lapangan kerja hanya mampu menampung 1,6 juta orang, sehingga tiap tahun ada penambahan pengangguran 1,3 juta orang," tutur Suryo.

Sebagai informasi, berdasarkan tingkat pendidikan dari 8,14 juta pengangguran terbuka, 20 persen tamat SD, 22,6 persen tamat SLTP, 40,07 persen tamat SLTA, empat persen tamat diploma, dan 5,7 persen tamat sarjana.

Pengangguran lulusan SLTA, ujar dia, cukup memprihatinkan karena cenderung semakin meningkat dari tahun ke tahun. "Antara 2005 hingga 2009 terjadi peningkatan persentase sekitar enam kali lipat," ujarnya. (art)

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 
Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024