RI Investment Grade, Bursa Saham Menguat

Sejumlah pialang mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Mengikuti tren Asia dan dunia, indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini dibuka menguat 24,60 poin atau 0,66 persen ke level 3.721,145.

Hingga perdagangan pukul 10.11 WIB, saham-saham blue chips yang tergabung dalam LQ-45 mencatat kenaikan 1,05 persen atau 6,69 poin menjadi 657,181.

Hampir seluruh indeks saham sektor usaha yang diperdagangkan di bursa efek hari ini juga mengalami kenaikan. Namun, indeks sektor barang-barang dasar dan pertanian justru turun. 

Menurut Teuku Hendry Andrean, Research Analyst PT Woori Korindo Securities Indonesia, keputusan Fitch Ratings meningkatkan peringkat Indonesia menjadi investment grade juga mempunyai peranan dalam mendorong IHSG bergerak positif di akhir pekan ini.

"Pergerakan positif bursa global lebih dipengaruhi oleh data positif ekonomi AS yang datang dari penurunan angka jobless claims dan peningkatan aktivitas manufaktur di Empire State," kata Hendry kepada VIVAnews.com di Jakarta, Jumat, 16 Desember 2011

Hendry menambahkan, kondisi bursa global dan regional yang cenderung responsif dan turut bergerak dalam zona positif, ikut membantu IHSG bergerak menguat pada perdagangan hari ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, kinerja bursa saham Asia hari ini mengalami kenaikan setelah data-data ekonomi Amerika Serikat menunjukkan adanya perbaikan. Sentimen positif  juga merembet ke bursa Eropa yang mengalami rebound.

Padahal tiga hari sebelumnya, krisis ekonomi Eropa telah membuat para investor melepas aset-aset yang berisiko tinggi.

Pada perdagangan hari ini, indeks Nikkei di bursa Jepang mencatat kenaikan sebesar 0,4 persen. Sementara itu, indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang juga naik 0,3 persen. (art)

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024