Ekonomi Membaik, Bisnis Rumah di AS Bergairah

beli rumah
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pemerintah Amerika Serikat mengklaim bahwa tunjangan untuk pengangguran naik pekan lalu. Namun, hal itu tidak seiring dengan tren perbaikan pasar tenaga kerja.

Sedangkan data sejumlah pabrik di kawasan Amerika menunjukkan bahwa saat ini merupakan momentum dalam meraih keuntungan, seiring ekonomi yang membaik dalam menutup tahun ini.

Gambar pertumbuhan ekonomi tersebut juga disajikan data lain yang menunjukkan bahwa penjualan rumah yang sempat tertunda sebelumnya berhasil meningkat dalam 1,5 tahun terakhir ini pada November lalu. Hal itu, menambah sinyal terjadinya pemulihan di pasar perumahan.

Indikasi perbaikan ekonomi itu turut menunjukkan bahwa tahun ini memiliki pijakan lebih kokoh daripada prediksi sebelumnya, dalam mengantisipasi dan menghadapi menjalarnya krisis utang di Eropa dan pengetatan fiskal di sektor perumahan.

"Data-data itu berhasil mempertahankan bahwa AS kuat dan menunjukkan bahwa ekonomi mengalami kenaikan menjelang akhir tahun ini. Tetapi data itu belum menunjukkan akan terjadi pertumbuhan yang kuat di 2012," kata Conrad DeQuadros, ekonom senior RDQ Economics di New York, seperti dilansir laman Reuters.

Sementara itu, Departemen Tenaga Kerja AS mengklaim bahwa tunjangan untuk pengangguran meningkat 15.000 menjadi 381.000, di atas ekspektasi ekonom yang memperkirakan di angkat 375.000.

Sedangkan data terbaru tentang penjualan rumah dan industri konstruksi menunjukkan adanya perbaikan dalam bisnis tersebut yang menjadi titikĀ  terlemah dalam ekonomi AS. Namun, tren harga masih mengalami penurunan hingga ke level yang lebih rendah.

Kendati demikian, data ekonomi tersebut mengimbangi kekhawatiran investor tentang ancaman krisis Eropa, sehingga mendorong terjadinya pembelian saham AS.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Selain itu, harga obligasi Treasury AS meningkat dan dolar AS membaik terhadap sejumlah mata uang. (umi)

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 dapat kabar baik jelang pertandingan melawan Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Duel ini akan berlangsung di Stadion Abdullah.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024