Sepanjang 2011, Keuntungan Emas Cuma 10%

Emas batangan
Sumber :
  • REUTERS/Krishnendu Halder

VIVAnews - Investor emas pada tahun ini harus rela menutup keuntungan 10 persen, meski harga emas sempat melambung tinggi.

Kantor berita Reuters mencatat, harga emas di pasar AS naik lebih dari 1,2 persen pada Jumat, 30 Desember 2011, ke level US$1.559,90, setelah mengalami penurunan tajam di sesi sebelumnya, yang dipicu naiknya minat beli di pasar Shanghai.

Penurunan ini membawa emas pada total keuntungan sepanjang tahun ini sekitar 10 persen. Keuntungan tersebut telah memperhitungkan kerugian 19 persen setelah emas mencapai harga tertinggi, US$1.920,30 per ons, pada September.

Harga spot emas di pasar Singapura naik 0,8 persen menjadi US$1.557,94, di jalur penurunan mingguan sebesar 3,2 persen, atau hampir 11 persen sepanjang Desember ini.

"Ada minat beli dari Shanghai, ketika pasar dibuka di sana," kata Peter Fung, kepala di Wing Fung Precious Metals di Hong Kong.

Pasar emas di Shanghai sangat aktif setelah dibuka pada 312,45 yuan per gram (US$1.537,8 per ons), sekitar US$14 di bawah harga emas spot. Tetapi, kesenjangan itu cepat tertutup, setelah emas Shanghai naik menjadi 318,25 yuan, atau sekitar US$9 di atas harga spot.

Para pedagang emas di China yakin, Tahun Baru Imlek yang datang dalam waktu tiga pekan lagi akan membantu meningkatkan konsumsi emas di negeri itu.

Sebab itu, Wang Tao, analis pasar teknikal menyarankan beli, karena harga emas bakal rebound ke level US$1.588 pada siang ini. (art)

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Bagan harga emas di pasar AS yang diambil dari Kitco.com

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan tak ada deadlock dalam pengambilan keputusan sengketa Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024