Pindah ke BBG, Dapat Alat Konversi Gratis

Karyawan SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah akan membagikan konverter kit secara cuma-cuma untuk kendaraan umum. Konverter kit merupakan alat tambah yang digunakan pada mobil untuk mengalihkan bahan bakar dari BBM ke gas.

Pemerintah juga akan memberikan subsidi atau cicilan murah untuk kendaraan umum yang akan menggunakan bahan bakar gas. "Harganya sekitar Rp15 juta per unit," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Selasa 3 Januari 2012.

Dia mengatakan, untuk tahap awal pemerintah akan menerapkan konsep 'mother and daughter'. "Di mana mother-nya itu menyiapkan gas alam terkompresi (Compressed Natural Gas/CNG) di beberapa stasiun tertentu. Satu mother lima daughter. Nah, daughter-nya ini yang akan bergerak untuk mengisi kendaraan-kendaraan yang menggunakan CNG itu," tuturnya.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Widjajono Partowidagdo, menambahkan, pasokan gas alam cair Liquefied Gas for Vehicles (LGV) dipastikan tidak akan langka. Sebab, beban anggaran untuk gas cair untuk kendaraan (LGV) itu lebih murah dibanding BBM. "Impor LGV itu lebih murah, karena cuma 60 persen dari harga BBM," katanya.

Menurut dia, impor LGV ini sangat mudah, karena persediaan dunia sangat banyak. "Impornya bisa dari Singapura dan kita juga bisa memproduksi," katanya.

Secara bertahap, program konversi ini akan dimulai dari Jakarta, kemudian Jabodetabek. Selanjutnya, di Jawa-Bali dan baru seluruh Indonesia. (art)

Kapan Nama DKI Jakarta Berganti DKJ Resmi Digunakan?
Sofyan Dado

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Sopyan Dado meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024. Sang aktor meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024