Pengusaha SPBU Minta Harga Premium Naik

Karyawan SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menyarankan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi guna menekan anggaran negara.

Saat ini, harga bensin bersubsidi jenis Premium yang beroktan 88 hanya dipatok Rp4.500 per liter. Sementara itu, bensin tak bersubsidi jenis Pertamax yang beroktan 92 dipasarkan dua kali lipatnya, Rp9.000.

Wakil Ketua Hiswana Migas Yogyakarta Siswanta mengatakan, menaikkan harga akan lebih efektif menekan subsidi daripada melakukan pembatasan konsumsi bagi kendaraan pelat hitam. "Pilihan realistis adalah menaikkan harga," kata Siswanta, Wakil Ketua DPD Hiswana Migas, di Yogyakarta, Rabu, 4 Januari 2012.

Dia menilai pembatasan BBM subsidi yang akan diterapkan pada April sangat rentan terjadinya konflik antara petugas SPBU dan konsumen. Konsumen, khususnya konsumen mobil pelat  hitam, belum tentu menerima keputusan ini dengan beralih ke Pertamax.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Selain itu, pembatasan BBM rawan penyelewengan, mengingat selisih harga antara Premium dan Pertamax sangat tinggi. Selain itu, petugas pengawas BBM bersubsidi di lapangan terbatas.

Yang lebih penting, dia mengatakan, pemerintah harus melakukan sosialisasi dan kampanye agar masyarakat tak kaget saat penerapan. "Belum tentu masyarakat yang ada di desa mengetahui rencana pemerintah tersebut," katanya.

Meski disarankan menaikkan harga, pemerintah tahun ini tak boleh menaikkan harga BBM. Dalam Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012, pemerintah hanya dibolehkan menekan subsidi dengan mengatur konsumsi BBM, bukan menaikkan harga. Kecuali nanti diterbitkan Undang-Undang APBN Perubahan. (Laporan: Juna Sanbawa l Yogyakarta, art)

Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024