Empat Bank Kucuri Pupuk Kujang Rp1,9 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Sumber :
  • www.skyscrapercity.com

VIVAnews - PT Pupuk Kujang memperoleh pinjaman dari empat bank besar senilai Rp1,9 triliun. Empat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku

Dana ini digunakan untuk pembayaran kembali utang (refinancing) kredit dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) bagi pembangunan pabrik Kujang IB.

Pupuk Kujang memiliki utang kepada JBIC sebesar 16,23 miliar yen, atau Rp1,94 triliun. Melalui refinancing ini, rencananya pembayaran dilakukan dalam waktu 8 tahun mulai 2012 hingga 2019. Ke depan, peran JBIC akan diambil alih oleh keempat bank itu.

"Dengan take over ini, ke depan Pupuk Kujang tidak lagi harus membayar dalam bentuk yen ke JBIC, melainkan dalam bentuk rupiah kepada keempat bank itu," ujar Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Achmad Tossin, di Gedung BPH Migas, Jakarta, Rabu 4 Januari 2012.

Dalam pinjaman tersebut, BRI memberikan porsi terbesar yaitu Rp1 triliun. Sementara itu, ketiga bank lainnya senilai Rp300 miliar.

Ke depan, Tossin melanjutkan, Pupuk Kujang juga berencana untuk melaksanakan proyek-proyek yang membutuhkan dana besar seperti gasifikasi batu bara pada 2014, dan pembangunan pabrik Kujang IC pada 2017 sebagai revitalisasi pabrik Kujang IA.

"Semoga proses kredit ini bisa lancar, sehingga kerja sama dengan perbankan dapat terus berlanjut," ujarnya. (art)

Ryan Wibawa, Juara Dunia  Di  Specialty Coffee Expo 2024

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Kopi Indonesia terpilih menjadi salah satu terbaik kopi yang dipamerkan di Specialty Coffee Expo 2024, yang di gelar di Chicago, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024