Bank Muamalat Tak Tertarik Bisnis Gadai Emas

Bank Muamalat
Sumber :
  • atestate.org

VIVAnews - Di tengah bisnis gadai emas yang dilakukan bank syariah tumbuh pesat, Bank Muamalat justru belum tertarik menawarkan produk gadai emas. Direktur Utama Bank Muamalat, Arviyan Arifin, menilai bisnis gadai emas itu lebih ke arah spekulatif.

"Kami tidak ada gadai emas. Alasannya karena sulit sekali melakukan transaksi. Kami tidak punya keahlian itu, karena ingin benar-benar menjalankan prinsip perbankan syariah," kata Arviyan di sela peresmian 9 kantor baru Bank Muamalat di Palembang, Kamis 12 Januari 2012.

Direktur Ritel Bank Muamalat, Adrian A Gunadi, menambahkan, dalam produk gadai emas ada beberapa unsur spekulatif. Hal inilah yang menjadi pertimbangan, mengingat risiko operasional gadai emas yang cukup tinggi.

Selain itu, Adrian melanjutkan, Bank Mualamat lebih tertarik dan menjalin kerja sama di sektor lain seperti pembiayaan rumah. Kredit pemilikan rumah (KPR) Bank Muamalat yang bernama 'Hunian Syariah' itu memiliki porsi 20 persen dari total pembiayaan. Bank syariah membidik kelas menengah dan menggandeng developer dalam penyaluran kredit KPR.

Seperti diketahui, BI akan menerbitkan surat edaran terkait gadai emas yang dilakukan bank syariah akhir Januari 2012. Surat edaran itu salah satunya membahas mengenai besaran pemberian kredit terhadap nilai barang (loan to value/LTV).

BI juga akan memberikan surat pembinaan kepada 8 perbankan syariah mengenai produk gadai emas. Dalam surat pembinaan itu bank syariah diminta untuk melakukan penyesuaian sesuai aturan yang ditetapkan. Dalam surat pembinaan itu juga berisi agar akuisisi nasabah gadai emas baru dihentikan sementara, hingga penyesuaian sudah dilakukan.

Bisnis gadai emas tumbuh sangat pesat. Berdasarkan data per Desember 2010, tercatat pembiayaan gadai emas mencapai Rp1,8 triliun. Sementara itu, pada September 2011 sudah mencapai Rp6,1 triliun atau tumbuh 238,88 persen (year to date). (art)

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim
Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024