800 Pegawai Outsourcing Mandiri Dievaluasi

Nasabah transaksi di Bank Mandiri
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Bank pelat merah terbesar di Indonesia, PT Bank Mandiri Tbk, bakal mengevaluasi sebanyak 800 pegawai outsourcing yang bekerja di level micro analisis dan teller. Jika lulus, mereka bisa diangkat menjadi pegawai kontrak bank pemerintah tersebut.

Keputusan manajemen Bank Mandiri ini seiring adanya penyesuaian Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 13/25/PBI/2011 tanggal 9 Desember 2011 tentang Prinsip Kehati-hatian bagi Bank Umum yang melakukan Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan kepada Pihak Lain.

"Posisi yang paling terpengaruh dari penerapan PBI Alih Daya antara lain di level micro analisis dan teller," kata Managing Director Compliance and Human Capital Bank Mandiri, Ogi Prastomiyono, di sela acara Wirausaha Muda Mandiri, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 20 Januari 2012.

Menurut Ogi, saat ini Bank Mandiri memiliki pegawai sebanyak 46.000 orang. Dari jumlah itu, sekitar 18.000 di antaranya merupakan tenaga outsourcing.

"Masih ada masa transisi sampai 31 Desember 2012 untuk menyesuaikan dengan PBI Alih Daya," kata dia.

Ogi memastikan, nantinya pegawai alih daya yang bekerja di bidang pekerjaan inti perbankan, memiliki peluang untuk naik menjadi pegawai kontrak Bank Mandiri. Bahkan, jika produktivitas pegawai tersebut dinilai bagus, tak tertutup peluang untuk bisa berlanjut menjadi karyawan tetap.

Sebagai informasi, PBI mengenai Alih Daya ini menegaskan bahwa pekerjaan costumer service dan teller dikategorikan sebagai pekerjaan pokok. Untuk itu, pegawai di bidang itu tidak dapat dialihdayakan atau outsourcing. (art)

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang
Fiorentina vs AC Milan

Prediksi Serie A: Fiorentina vs AC Milan

Fiorentina vs AC Milan dalam lanjutan Serie A matchday ke 30 di Stadion Artemio Franchi, Minggu 31 Maret 2024, pukul 02.45 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024