Bandara Soekarno-Hatta Mulai Berbenah

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - PT Angkasa Pura II mulai menjalankan proyek revitalisasi terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta pada tahun ini. Diharapkan, revitalisasi tersebut membuat kapasitas bandara dapat meningkat menjadi 62 juta penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri Sunoko, menuturkan, pengguna jasa bandara setiap tahun terus meningkat. Walaupun sekarang ada tambahan terminal III, jumlah penumpang Bandara Soekarno-Hatta masih lebih 22 juta penumpang.

"Pada 2012 ini akan dikerjakan pembangunan dan revitalisasi terminal 1 dan 2, sehingga 2015 kapasitas total menjadi 62 juta penumpang," kata Tri Sunoko dalam seminar penerbangan 'Mengantar Industri Penerbangan Indonesia Menuju Kelas Dunia' di Jakarta, Rabu 25 Januari 2012.

Selain itu, ia menambahkan, pembangunan terminal keempat akan dilakukan sejalan dengan kebutuhan jasa bandara. Sebab, untuk penambahan jasa frekuensi penerbangan, saat ini ada persoalan pengaturan parkir pesawat.

"Kapasitas saat ini, 112 parking set, dengan optimalisasi terminal 1 dan 2, total 174 parking set. Selain itu, tingginya frekuensi penerbangan dilihat dari antrean pesawat, menunggu pesawat lain landing baru dapat giliran take off," katanya.

Untuk itu, Tri menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta akan melakukan perpanjangan taxiway arah barat dan timur. Selain itu, Angkasa Pura II berencana untuk membangun landasan pacu pesawat.

Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

"Setahun ada 358 ribu pergerakan pesawat, dengan landasan pacu baru akan melayani 623 ribu pergerakan pesawat," ujarnya. (art)

Olah TKP lokasi tabrakan. (Foto ilustrasi).

Kasus ABG Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi Berakhir Damai

Seorang pemuda,remaja berinisial MH (16) menabrak 11 motor dan 2 mobil di Kota Bekasi Jawa Barat. Kasus ini akhirnya berakhir damai, dan diselesaikan secara kekeluargaan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024