China Ubah Shanghai sebagai Pusat Yuan Global

Uang kertas China pecahan 100 Yuan
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - China akan menjadikan Shanghai sebagai pusat perdagangan global dengan mata uang yuan, termasuk untuk kliring dan penentuan harga pada 2015. Shanghai akan menjadi pusat keuangan internasional.

Seperti dikutip dari Reuters, perencanaan yang dibuat oleh lembaga perencanaan ekonomi China dan pemerintah Shanghai menunjukkan skala ambisi China dalam menciptakan versi pusat keuangan yang berbeda dari New York, London, dan Hong Kong.

Komisi pembangunan dan reformasi nasional memperkirakan pusat perdagangan dengan pasar keuangan non-forex itu dengan volume 1.000 triliun yuan (US$158,3 triliun) selama setahun pada 2015, dibanding 2010 yang mencapai 400 triliun yuan.

Dalam rencana itu, harga kurs tengah harian yang diterbitkan oleh bank sentral di pasar yuan akan menjadi acuan (benchmark) untuk perdagangan domestik dan asing. Sementara itu, suku bunga antar bank atau Shanghai Interbank Offered Rate (Shibor) akan menjadi patokan untuk bunga kredit yuan di mana saja.

China juga akan mendorong perusahaan luar negeri untuk menjual saham berdenominasi yuan di pasar saham domestik. Namun, rencana itu tidak dirinci kapan akan diterapkan. (art)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024