Kenaikan Gaji Pegawai BI Disetujui 3%

Gedung Bank Indonesia (tampak depan)
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Komisi Keuangan dan Perbankan Dewan Perwakilan Rakyat menyepakati gaji pegawai Bank Indonesia naik sekitar 3 persen seperti inflasi 2011. Kenaikan ini bisa bertambah jika prestasi kinerja baik. Usulan kenaikan itu akan dibawa ke rapat paripurna.

"Inflasi tahunan kan naik 3,79 persen. Namun, kenaikan gaji untuk karyawan dengan Dewan Gubernur BI berbeda," ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Azis di Jakarta, Rabu, 7 Februari 2012.

Menurut dia, jika kinerja Dewan Gubernur BI bagus, akan mendapatkan kenaikan 3 persen. Sementara itu, untuk level direktur hingga staf, akan naik lagi 5 persen. Untuk petugas tata usaha dan pegawai dasar yang memiliki kinerja bagus naik maksimal 7 persen.

Harry berharap kenaikan gaji tersebut akan menurunkan perbedaan antara Gubernur BI hingga pegawai dasar yang mencapai 58 kali. "Usulan BI, perbedaan akan turun menjadi 56 kali, tapi kami akan minta turun lagi," ujarnya.

Harry menambahkan, kenaikan gaji tersebut belum termasuk tunjangan, di antaranya tunjangan hari raya, melahirkan, insentif, dan cuti tahunan. Tunjangan Dewan Gubernur sebesar Rp150 juta. Total tunjangan selama setahun sekitar Rp450 juta. Sedangkan untuk Gubernur BI tunjangan Rp160 juta. Gaji pokok Gubernur BI sendiri sebesar Rp153,9 juta.

BI sebelumnya mengajukan kenaikan anggaran gaji pegawai BI dari Rp1,98 triliun pada 2011 menjadi Rp2,13 triliun pada 2012, atau rata-rata 7-8 persen. (art)

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024