Mengapa Simatupang Tumbuh Jadi Daerah Elite

Jalan Rusak di depan Citos
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sejumlah kota di Jakarta diprediksi menjadi kawasan elite baru di antara wilayah-wilayah serupa yang telah berkembang sebelumnya. Tiga daerah yang bakal berkembang menjadi kawasan elite itu adalah TB Simatupang, Bekasi (Summarecon), dan Serpong.

Lembaga konsultan dan riset properti Colliers International menyatakan keunggulan wilayah TB Simatupang menjadi kawasan elite baru di Jakarta, karena area tersebut akan berkembang menjadi pusat perkantoran.

"TB Simatupang menjadi populer karena office park yang dipelopori oleh Arcadia Office Park. Kemudian, perusahaan gas dan minyak yang pindah ke sana untuk kebutuhan interaksi perusahaan langsung ke konsumen," kata Associate Director Investment Services Colliers International, Aldi Garibaldi kepada VIVAnews di Jakarta.

Aldi memperkirakan, faktor terbesar yang membuat kawasan TB Simatupang berubah menjadi daerah elit adalah bertambahnya jumlah pekerja asing (ekspatriat) yang tinggal di bagian Selatan Jakarta.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Keberadaan para ekspatriat ini turut memicu berdirinya sejumlah sekolah skala internasional seperti Jakarta International School dan British International School. "Jadi, orang bekerja ke kantor dapat menghemat waktu untuk mengantar anaknya ke sekolah," kata Aldi.

Dia menambahkan, pertumbuhan kawasan TB Simatupang tak terlepas dari dukungan infrastruktur yang sudah memadai. Terlebih lagi, akses ke kawasan ini ditunjang oleh jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

"Karena merasa Jakarta Pusat masih macet, sehingga permintaan dari perusahaan minyak, gas, dan pertambangan masih terbatas. Mereka pun memilih pindah ke TB Simatupang," katanya.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Selain tiga kawasan itu, sejumlah pengamat juga menyebut Kemayoran dan Kelapa Gading sebagai kawasan yang layak disebut elite. (art)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024