Transfer Lewat Kliring Kini Lebih Cepat

ATM Centre di pusat perbelanjaan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Masyarakat kini dapat menikmati transfer rekening dengan menggunakan fasilitas kredit lebih cepat. Kini BI memproses penyelesaian kliring setiap 2 jam, sehingga dalam satu hari dana sudah bisa diterima.

Deputi Direktorat Akuntansi dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, YF Sri Suparni mengatakan sistem kliring itu diberi nama 'siKilat' yaitu sistim kliring transfer antar bank dan penyesuaian dilakukan pada waktu tertentu. Sebelumnya transfer melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) membutuhkan waktu dua hari, yaitu satu hari diproses di bank dan satu hari sampai ke nasabah.

"BI hanya mengenakan biaya Rp1.000 per transaksi kepada bank pengirim, sedangkan pengenaan biaya dari bank kepada nasabah ditetapkan oleh masing-masing bank," ujarnya di BI, Jumat, 24 Februari 2012.

Menurut Suparni, masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan SKNBI dapat mentransfer dana dengan jumlah maksimal Rp100 juta. Transaksi ini,dapat dilakukan di bank manapun di seluruh Indonesia. Namun untuk transaksi via ATM harus memilih bank yang sudah kerjasama dengan Switching Company di antara, ATM bersama, Rintis Sejahtera, Alto dan Prima.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Sistem online ini berlaku mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, dengan penyelesaian tiap dua jam yaitu pukul 10.00 WIB, 12.00 WIB, 14.00 WIB, 16.00 WIB.

Berikut ini adalah cara untuk mentransfer dana melalui siKilat:

1 Pastikan transfer dana menggunakan kliring/LLG/SKNBI.

2. Pastikan penulisan data penerima secara benar, nama, alamat, nomer rekening tujuan, kota tujuan serta Bank penerima.

3. Pahami risikonya karena jika nasabah salah menulis data penerima, dana bisa diterima oleh orang lain.

4. Pastikan biaya yang dikenakan masih dalam tahap tahap wajar.

5. Pastikan melakukan konfirmasi pada penerima.

(umi)

Puncak Arus Balik Lebaran, Antrean Kendaraan Mengular hingga Keluar Pelabuhan Bakauheni
Gerbang tol Kisaran.(dok Hutama Karya)

Kendaraan yang Lewat Ruas Tol Trans Sumatera Ini Naik 194 Persen Periode Arus Balik Lebaran

Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) berjumlah 47.898 kendaraan atau lebih tinggi 194 persen dari volume lalulintas (VLL) normal.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024