Jero Wacik: BBM Tetap Naik dan Dibatasi

Pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menyatakan, tetap akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan melakukan pembatasan bahan bakar bersubsidi.

"Kenaikan ada, Rp1.500 atau di-pack Rp2.000 subsidi maksimum, dan program pembatasan tetap berlaku, tidak berhenti," kata Menteri ESDM, Jero Wacik dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa 28 Februari 2012.

Jero mengatakan dengan pembatasan BBM masih tetap mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan bahan bakar gas. "Didorong menggunakan converter kit, kalau orang pindah ke gas itu akan menekan ke BBM," kata Jero.

Jero menjelaskan yang dibatasi secara eksplisit itu adalah premium sebesar 40 juta kiloliter total. "Itu yang dibatasi, itu yang diusahakan tercapai, jadi bukan menaikan harga menurunkan subsidi, tapi BBG juga tetap berjalan," kata Jero.

Selain BBG, Jero menambahkan pemerintah juga mengutamakan Pertamax. "Pertamax juga diutamakan, memang tidak banyak kalau pun masyarakat menggunakan 100 persen tetap saja kuotanya 1,9 juta kilo liter. Jadi itu poin yang disampaikan."

Maka dari itu, Jero tetap taat kepada azas yaitu UU APBN 2011 pasal 7 mengenai pembatasan BBM. "Jadi berusaha untuk taat azas kalau tidak kita melanggar, dan kalau bisa lancar untuk kenaikan BBM di RAPBN-P dapat lancar dan ya solusinya cepat karena kami juga ingin cepat," kata Jero.

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida
Komandan al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Abu Shujaa pun dinyatakan telah tewas oleh Israel pada hari Jumat lalu. Namun, mengejutkannya, Abu Shujaa tiba-tiba 'bangkit dari kubur'.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024