Pemerintah Akan Buat Free Day BBM Bersubsidi

Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mencanangkan free day bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk di daerah tertentu. Sehingga, dalam hari itu SPBU tidak menjual BBM bersubsidi.

"Begini, kan ada car free day tiap hari Minggu sekali tidak boleh lewat jalan, nah ini nanti usulan kami ada satu hari untuk di daerah tertentu tidak dijual BBM bersubsidi untuk plat hitam," ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Legowo usai Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Gedung MPR/DPR, Selasa 28 Februari 2012.

Untuk itu, Evita mengatakan pihaknya akan mengatur wilayah yang tidak boleh menjual BBM bersubsidi. "Nanti wilayahnya diatur mungkin sama seperti pembatasan BBM di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Waktunya apakah sebulan sekali atau seminggu sekali, itu nanti diatur." ujar Evita.

Evita mengungkapkan, bahwa tujuan pemerintah untuk mencanangkan free day BBM bersubsidi untuk melatih agar BBM bersubsidi tidak untuk semua orang. "Untuk kendaraannya dalam jenis apa itu nanti kami akan putuskan, yang penting plat hitam." kata Evita.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menyatakan, tetap akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan melakukan pembatasan bahan bakar bersubsidi.

"Kenaikan ada, Rp1.500 atau di-pack Rp2.000 subsidi maksimum, dan program pembatasan tetap berlaku, tidak berhenti," kata Menteri ESDM, Jero Wacik dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa 28 Februari 2012. (umi)

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024