Kehebatan Ekonom Widjojo di Mata Pebisnis

Sofjan Wanandi
Sumber :
  • VIVAnews/Mohamad Teguh

VIVAnews - Kalangan pebisnis menilai ekonom Widjojo Nitisastro merupakan sosok yang konsisten dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Mantan Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) itu dinilai lebih banyak bertindak dibandingkan bicara.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Penuturan tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi di Gedung Bappenas, Jakarta, Jumat, 9 Maret 2012.
"Tanpa banyak omong ke luar, di dalam dia kerjakan semua," katanya.

Sofjan berkisah, Widjojo memiliki karakter yang sangat memperhatikan detil semua kelengkapan pekerjaan pelaksanaan pembangunan. Bahkan, Widjojo turun ke lapangan untuk memeriksa pelaksanaan program yang sudah dirancangnya.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Di bawah kepemimpinan Widjojo, seluruh menteri di kabinet pemerintah saat itu bisa menjalin koordinasi lebih kuat. Bahkan dia masih tetap konsisten menjalankan programnya kendati banyak menghadapi keterbatasan dalam pengimplementasiannya.

"Sangat jelas tugas satu sama lain dan semua berjalan bersama-sama," ungkap Sofyan yang lantas membandingkan koordinasi kabinet saat ini yang masih lemah kendati didukung teknologi informasi lebih lengkap.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Pebisnis yang sering mengkritik pemerintah ini juga berharap pemerintah sekarang bisa meniru gaya kepemimpinan yang pernah tercipta ketika Widjojo menjabat sebagai menteri. Kala itu, apapun kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pasti akan dibeli oleh kabinet dan presidennya.

"Sekarang kan tidak, itu masalahnya. Dulu Widjojo bisa berkoordinasi secara penuh dan dia dibela betul (presidennya). Menteri-menteri yang lain itu harus ikut," kata Sofyan yang mengaku mengenal sosok Widjojo sejak menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (umi)

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sekretaris Jenderal Gerindra mengatakan kemenangan Prabowo Subianto bukan akhir dari perjuangan melainkan awal perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024