Biaya Tinggi, Bank RI Bisa Kalah di ASEAN

Perbankan Nasional, Bank Permata, Bank Mayapada
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perbankan di Indonesia bakal kesulitan bersaing seiring akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015. Salah satu kesulitan itu di antaranya karena Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) perbankan yang masih tinggi, yakni di atas 80 persen.

"BOPO rata-rata perbankan di ASEAN antara 40-60 persen. Dengan begitu, bank-bank di ASEAN akan mudah merebut pasar di dalam negeri," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas, dalam seminar bertajuk "Mewujudkan National Payment Gateway," di Jakarta, Rabu 14 Maret 2012.

Menurut Ronald, ke depan Bank Indonesia akan mendorong perbankan untuk lebih efisien. Caranya dengan meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas dalam sistem pembayaran.

"Dari perspektif sistem pembayaran, Indonesia perkembangannya cukup bagus dan kami diperhatikan negara-negara lain," jelasnya.

Ke depan, Ronald berharap Indonesia akan menjadi yang terdepan dalam sistem pembayaran. Apalagi, saat ini jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa, atau separuh dari penduduk ASEAN sebanyak 500 juta jiwa.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Dengan kekuatan jumlah penduduk itu, Indonesia dapat memimpin pasar sistem pembayaran di ASEAN. Indonesia termasuk negara yang maju dalam hal transaksi pembayaran menggunakan kartu.

Saat ini, pengguna ATM atau kartu debit sebanyak 63,6 juta, sedangkan kartu kredit 14,5 juta. Totalnya, 78 penduduk memiliki kartu untuk transaksi pembayaran. (art)

VIVA Militer: Tentara Israel geruduk Rumah Sakit al-Shifa Gaza

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Operasi tentara Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah telah mengakibatkan 520 orang tewas, terluka dan hilang dalam waktu seminggu, kata kantor media Gaza.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024