E-Toll Bisa Diisi di Bank Selain Mandiri

E-Tollcard, kartu tol elektronik
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Untuk memudahkan pengguna kartu tol elektronik (e-toll card), kartu e-toll bisa diisi menggunakan bank lain pada April nanti. Jika sebelumnya, penambahan nilai kartu hanya bisa dilakukan di Bank Mandiri.

Direktur Retail and Banking Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan mulai April nanti, nilai kartu e-toll juga bisa ditambahkan (top up) dari bank selain Bank Mandiri. Namun syaratnya masih satu jaringan dengan ATM Bersama. "Jadi bisa mengisi dari ATM anggota ATM bersama," ujarnya kepada VIVAnews.

Budi menjelaskan kebijakan itu untuk mengatasi keluhan bahwa kartu e-toll hanya bisa diakses hanya bagi nasabah Bank Mandiri. Namun untuk proses top up, tetap dilakukan di ATM Bank Mandiri atau electronic data capture/EDC Bank Mandiri, meski menggunakan kartu debit selain Bank Mandiri.

Sementara itu Vice President of Electronic Banking Mandiri, Rahmat B Triaji menambahkan beberapa kendala dalam penyaluran kartu e-toll juga disebabkan terbatasnya gerbang tol otomatis (GTO). Rahmat mengatakan saat ini terdapat 7 gerbang tol yang sangat padat. Dari tujuh gerbang itu hanya 3 gerbang yang bisa menggunakan e-toll card. "Ini juga dikarenakan banyaknya volume kendaraan di ke empat tol itu," kata Bambang saat di hubungi VIVAnews.

Bambang juga mengatakan jumlah GTO akan ditambah sebanyak 50 buah di ruas tol yang padat di Jakarta. Saat ini masih ada 22 GTO.

Sebelumnya Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan kekecewaannya terhadap penjualan e-toll card. Menurut Dahlan, dirinya pernah mengingatkan Bank Mandiri untuk menggenjot penjualan kartu e-Toll tiga bulan yang lalu. Peringatan itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan bagi pelayan jalan tol.

Dahlan juga mengatakan jika Bank Mandiri tidak mampu menjual kartu e-Toll sebanyak-banyaknya, bank milik pemerintah itu harus mulai berpikir membuka hak monopoli kartu tersebut. Untuk menyerahkan hak penerbitan kartu tersebut, BUMN mengusulkan agar Bank Mandiri memperoleh ganti rugi atau bentuk kompensasi lainnya. "Saya setuju kalan bisa dibuka untuk semua bank. Penjualan e-Toll akan lebih cepat," katanya.

Namun tuduhan monopoli ini dibantah Bank Mandiri dengan alasan Bank Mandiri ditunjuk operator dalam tender terbuka. Pada saat tender, semua bank juga telah mengikuti tender. (ren)

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024